Bayi Sering Menangis Kencang

09 Sep 2020

Bayi sering menangis kencang dapat membuat para orang tua menjadi khawatir dan berfikir kenapa dengan si kecil. Dengan mengetahui penyebab dari bayi sering menangis dapat membantu meredakan sedikit stress yang dirasakan oleh para orang tua.

Bukan hanya itu saja akan menjadi lebih mudah bila para orang tua mencari tau acara dalam meredakan tangisan dari sang buah hati bila anda mengetahui penyebab yang membuat si kecil terganggu sehingga bayi menjadi menangis kencang.

Dengan mendengar tangisan bayi yang sangat kencang dapat membuat tidak nyaman serta gelisah.

Sebagai orang terdekat dari si kecil seharusnya dapat meredakan tangisan si kecil namun ternyata banyak para orang tua terlebih para orang tua baru menjadi cemas karena takut tidak dapat menjalankan perannya sebagai orang tua dengan baik.

Rasa cemas dapat berubah menjadi rasa marah, rasa putus asa hingga akhirnya dapat menghalangi para orang tua dalam menjalin kedekatan dengan bayi.


Alasan Bayi Sering Menangis Kencang dan Cara Menenangkan


Bayi menangis merupakan cara bayi dalam berkomunikasi dan cara bayi menyampaikan sesuatu seperti mereka merasa nyaman atau tidak nyaman dan atau si kecil sedang membutuhkan sesuatu.

Seperti bila si kecil merasa lapar, pakaian yang digunakan si kecil terasa gatal ataupun si kecil merasa tidak nyaman atau tidak suka bila diletakkan di kursi makan. Yang perlu diketahui oleh para orang tua ialah bayi akan sering menangis dan hal itu bukan karena orang tua nya salah atau karena kemmapuan anda sebagai orang tua diragukan.

Kebanyakan bayi akan menangis kencang karena si kecil mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri dari kehidupan sebelumnya yaitu kehidupan di dalam rahim.

Cahaya warna, suara, tekstur dan juga sensasi baru seperti rasa lapar, rasa ingin buang air kecil dan rasa ingin buang air besar akan sangat mengganggu bagi si kecil. Dalam menenangkan bayi yang sering menangis kencang cobalah untuk melakukan beberapa cara dibawah ini:

· Bedong

Dengan membedong bayi dengan menggunakan kain yang lembut dapat membuat si kecil menjadi merasa nyaman dan aman. Bukan hanya itu saja dengan membedong si kecil, dapat mencegah tubuh si kecil berkedut dan membuat mereka tertidur dengan nyenyak.

· Mengayun

Dengan mengayun atau menggoyangkan bayi dengan gerakan yang konstan dapat mengingatkan si kecil ketika masih di dalam perut bundanya.

·Bernyanyi

Bila saat masih di dalam perut si kecil sering didengarkan sebuah music maka menyanyikan lagu dengan tempo yang lambat dan suara lembut dapat memabnatu menenangkan bayi bila sedang menangis kencang. Dengan menyanyi tubuh manusia dapat merespons musik dengan cara menyamakan denyut jantung serta indera perasa sesuai dengan tempo musik yang didengarkan.

·Sentuhan

Dengan melakukan sentuhan dapat menstimulasi reseptor perasaan nyaman di dalam otak bayi. Para peneliti juga menyatakan bahwa sentuhan atau sebuah pijatan lembut di sekujur tubuh si kecil dapat lebih efektif dibandingkan dengan sentuhan pendek dengan gerakan yang cepat. Orang tua dapat menyentuh daerah pipi, perut, punggung atau bagian kaki si kecil.

·Berbisik

Membisikkan beberapa suara seperi suara cup cup cup atau “sshhh” dapat membantu menenangkan bayi yang baru lahir karena akan mirip dengan suara berdesing yang sebelumnya biasa ada di dalam rahim. Atau bunda dapat juga menyalakan hair dryer ataupun kipas angin sebagai pengganti bila tidak memiliki hair dryer. Bukan hanya itu saja bunda dapat melakukan bicara dengan si kecil dengan nada yang tenang. Para peneliti juga telah menyatakan bahwa nada suara ibu merupakan cara yang paling efektif dalam menenangkan bayi.

·Mengisap

Mengisap dot atau pun mengisap jari merupakan relaksasi yang baik untuk bayi. Pastikan cara mengisap ini merupakan langkah terakhir yang dapat dilakukan bila cara diatas belum dapat berhasil. Dengan memberikan dot ataupun empeng memang akan memberikan sebuah efek samping namun car aini juga sangat baik dalam menenangkan bayi

·Memposisikan Bayi Meringkuk

Di dalam rahim, biasanya bayi akan menghabiskan sebagaian besar waktunya dalam posisi meringkuk. Menggendong ataupun membaringkan si kecil dalam posisi telungkap dapat membuat bayi merasa lebih nyaman. Namun perlu diingat bila memposisikan bayi dalam posisi meringkuk ini bila si kecil menangis terus menerus hingga tangisannya menjadi sangat kencang, bila bayi tenang cukup letakkan bayi dalam posisi telentang.