Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi.

04 Nov 2019

Pijatan pada bayi memang sedang banyak dibicarakan oleh hampir semua kalangan, melihat banyak dari mereka membawa anak untuk dipijat. Hal ini kemudian memunculkan banyak pendapat dari kalangan orang tua, dimana ada yang setuju dan ada yang tidak. Tumbuh kembang dari sang bayi memang terbilang sangat cepat jika orang tua tidak tahu cara melengkapinya.

Sehingga, memasuki tahapan tumbuh kembang membuat Anda harus mengenal yang namanya proses pijat. Dengan melakukan pijat, banyak kalangan yang berpendapat bahwa hal ini dapat melibatkan berbagai macam aspek perkembangan anak. Terutama untuk perkembangan anak di bawah usia dua tahun (baduta) seperti proses urut, gerak, sentuh, dan juga pendengarannya.

Kementerian Kesehatan RI, Ina Rosalina Dadan, menyampaikan bahwa kegiaan pijat pada bayi dapat menguatkan bounding atau ikatan anak dan orang tua. Tidak hanya itu, pijat ini juga ternyata dapat memberikan manfaat lain yang tidak terkira. Seperti keadaan imun dan body yang lebih baik pada bayi serta dapat meningkatkan nafsu makan. Anak juga bisa menjadi lebih ceria dan tidur lebih nyaman daripada biasanya.


Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Proses Pijat Pada Bayi


Ada beberapa hal yang mungkin menjadi pertanyaan bagi Anda dan ingin dijawab dengan baik mengenai proses pijat pada bayi. Dimana hal ini kemudian disampaikan oleh Ina sebagai Menteri Kesehatan RI, berikut ini paparannya. Pertama, Anda harus menaruh fokus hanya pada anak dimana terkait dengan fokus orang tua yang harus diperhatikan.

Baru setelahnya Anda memperhatikan tempat pijat yang akan dipilih, alas pijat yang empuk, hingga tangan yang steril. Anda bebas menentukan pilihan mengenai proses pijat untuk sang anak, apakah ingin membawa anak di tempat pijat khusus atau di rumah. Namun, perlu Anda catat bahwa dalam melakukan proses pijat terutama pada bayi tidaklah mudah.

Karena organ tubuh dirinya itu masih belum kokoh sempurna, dikhawatirkan jika salah akan membuat kesalahan besar. Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah komunikasi yang harus dilakukan dengan sang anak. Sembari nantinya anak dipijat, coba ajak sang anak untuk bicara dan komunikasi hingga raut wajah risau dan khawatir tidak Anda perlihatkan pada sang anak.

Hal selanjutnya yang harusnya juga menjadi perhatian ialah mengenai pemilihan waktu terbaik untuk melakukan pijat. Hal ini seperti misalnya sang anak masih dalam keadaan tidur ketika waktu atau giliran pijat sudah tiba. Usahakan semaksimal mungkin untuk tidak membangunkannya karena hal ini bisa membuatnya merasa tidak nyaman. Anak yang masih dalam keadaan mengantuk biasanya akan menjadi lebih rewel dari biasanya.


Tips Mempersiapkan Spa Bayi di Rumah


Mungkin Anda tidak asing lagi dengan hal ini, dimana ada banyak orang tua yang mempersiapkan spa di rumah untuk anak. Hal ini dianggap lebih baik untuk anak karena ia tidak harus beradaptasi dengan tempat dan orang baru. Untuk melakukan pijat dan spa, Anda disarankan untuk menunggu usia anak sudah mencapai umur 2 minggu. Hal ini diharapkan dapat menghindari yang namanya risiko iritasi atau alergi yang mungkin terjadi pada sang anak.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menggunakan juga baby oil yang biasa digunakan dan hindari pengguna baby oil dari mereka. Seperti yang Anda ketahui bahwa sebenarnya kulit bayi itu cukup sensitif dan ada juga bayi yang alergi dengan baby oil. Coba oleskan minyal oil tadi ke telapak tangan hingga terasa hangat baru oleskan ke bagian tubuhnya.

Untuk Anda yang memanggil jasa spa ke rumah, tidak harus khawatir dengan proses pijat ini. Jika sang anak memberikan respon positif untuk hal ini, maka Anda bisa lanjutnya. Namun, jika Anda menemui sang anak menangis tidak henti maka coba untuk dihentikan. Bisa jadi ia tidak merasa nyaman dan malah kegiatan pijat itu menyakitkan bagian tubuhnya.


Manfaat Pijat Bayi


Apakah Anda mempertimbangkan manfaat yang mungkin dirasakan sang bayi jika dilakukan pijat? Berikut ini akan coba dibahas sehingga Anda bisa mempertimbangkan hal ini sebelum melakukan. Untuk manfaat pertama, dipastikan bahwa sang bayi akan tidur lebih nyenyak daripada biasanya. Anda bisa melihat hal ini sama persis seperti yang terjadi pada orang dewasa.

Untuk manfaat lain, yaitu akan menciptakan ikatan batin yang kuat antara sang anak dan orang yang memijatnya. Tidak masalah jika yang memijatnya bukan orang tua sendiri alias Anda, namun setidaknya ikatan batin dirinya dengan orang lain akan tercipta. Namun, agar ikatan batin itu tercipta antara Anda dan dirinya saja sangat disarankan untuk Anda sendiri yang melakukan kegiatan pijat.

Masih banyak lagi manfaat lain yang bisa bayi Anda rasakan jika melakukan pijat dengan proses yang benar. Jangan sampai Anda memilih tempat pijat yang murah dan biasa saja, namun tidak memberikan garansi keselamatan pada sang buah hati. Karena kesehatan si kecil adalah hal yang paling utama.