Cara Membangun Hubungan Harmonis Dengan Anak

09 Nov 2020

Apa yang akan terjadi bila kita tidak memiliki hubungan yang baik dengan anak? Yang berarti hubungan koneksi antara orang tua serta anak menjadi tidak intim dan menjadi tidak ada yang spesial diantara mereka berdua.

Namun biasanya anak yang tidak memiliki hubungan yang baik dengan orang tua nya akan bertingkah seperti mencari perhatian dengan berbagai macam cara yang akan mereka lakukan. Anak-anak mungkin juga akan memiliki harga diri yang akan lebih rendah serta mengalami ketegangan yang dapat menumpuk.

Efek lainnya juga dapat membuat anak menjadi pemurung, sering cepat marah dan tidak terlihat bahagia di raut wajahnya yang dibandingkan dengan teman teman sebayanya. Anak anak juga akan sulit bersyukur serta selalu akan memiliki pikiran yang negatif.

Dengan keadaan yang seperti ini membuat anak tumbuh menjadi anak pembangkang dan juga susah untuk diberikan arahan. Padahal sebenarnya anak anak itu hanya perlu mendapatkan sebuah perhatian dan hubungan yang harmonis dengan orang tuanya.


artikel terkait : fabel


Cara Membangun Hubungan Harmonis Dengan Anak

Ada beberapa cara yang dapat digunakan orang tua dalam membangun hubungan harmonis dengan anak. Berikut beberapa cara dalam membangun hubungan harmonis dengan anak:


Memberikan Sentuhan Kasih Sayang

Akan lebih baik bila orang tua sering memberikan sentuhan kepada anak agar dapat menyalurkan rasa sayangnya dari orang tua ke buah hati. Dengan memberikan sentuhan kasih sayang kepada anak ini dapat membantu meringankan rasa sakit, membantu meringankan tekanan kehidupan anak, membangkitkan harapan anak, mengurangi rasa kecemasan anak dan sekaligus mneyembuhkan.

Dalam memberikan sentuhan yang baik untuk anak, anda dapat memegang tangan anak serta sesekali berikan gosokan pada kaki dan juga pada area punggung. Ketika anak sedang istirahat, orang tua dapat memberikan si kecil sebuah pelukan hangat dan atau dapat juga orang tua dan si kecil meringkuk bersama di area sofa dengan sambil menonton film atau sambil dengan bercerita.


Menanyakan Pendapat Dan Juga Saran Dari Anak

Menanyakan saran ke si kecil mengenai sesuatu yang sedang dilalui oleh orang tua nya secara pribadi. Serta gunakan saran si kecil dengan sebaik mungkin lalu selanjutnya membagikan hasil nya kepada si kecil.

Katakana kepada si kecil jika saran yang disarankan dari si kecil itu sangat hebat dan anda sebagai orang tua sukses telah mengikuti saran dari si kecil. Dengan cara seperti ini membuat harga diri anak menjadi meningkat.

Selain itu juga anda dapat melihat betapa si kecil memiliki pengaruh kepada orang lain dan juga merasa si kecil memiliki manfaat serta berguna untuk orang yang berada di sekitarnya.


Menjadikan Anak Sebagai Teman Mengobrol

Mengobrol yang dimaksud ini bukanlah hanya yang berarti saling bersahutan suara, karena yang paling penting ketika sedang mengobrol ialah dengan adanya kontak mata. Dengan adanya kontak mata ini menandakan bahwa komunikasi yang dilakukan mengutamakan sebuah keterbukaan.

Misal seperti membicarakan apa yang dikerjakan oleh para orang tua ketika si kecil sedang tidak berada di rumah. Atau dapat juga menanyakan mengenai bagaimana harinya ketika berada di sekolah, apa ada yang membuat si kecil senang atau membuat si kecil sedih. Pastikan juga orang tua untuk mengetahui apakah sehari ini hari anak berjalan dengan baik atau tidak berjalan dengan baik.


Menghilangkan Pikiran Lain Lalu Fokus Kepada Anak Saja

Ketika orang tua menatap wajah anak pastikan orang tua fokus serta pikiran hanya akan ditujukan kepada si kecil. Jangan mengalihkan pandangan anda ke tempat lain ataupun anda sambil menatap layer handphone anda ketika koneksi ini sedang berlangsung.

Kebiasaan mengalihkan pandangan ketika sedang bersama anak hanya akan dapat membuat hubungan antara orang tua dengan anak menjadi semakin jauh.


Memberikan Nilai Ketika Jelang Waktu Anak Akan Tidur

Ketika sebelum anak tidur, mintalah untuk anak menilai ayah dan bundanya pada hari itu, skala nilai nya dari 0 sampai dengan 10. Nilai 0 untuk nilai yang paling buruk sedangkan nilai 10 untuk nilai yang paling baik.

Bila nilai kurang dari 10 maka tanyakan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Lakukan hal sebaliknya juga untuk anak dan juga bicarakan kekurangan serta kelebihan anak pada hari itu. 

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More