Cara Menaikkan Berat Badan Anak 1 Tahun

16 Sep 2020

Bayi yang sudah memasuki usia 9 bulan merupakan sebuah masa dimana seorang anak sedang mengalami sebuah perubahan fisik dan peningkatan kecerdasan si kecil dalam mengolah keterampilan motoriknya.

Bayi yang sehat dan normal akan mengalami pertumbuhan dan bobot tubuh yang akan selalu meningkat. Biasanya bayi yang berusia 9 bulan akan mempunyai berat badan yang ideal sekitar 8,9 kg dari tinggi badan bayi sekitar 70,5 cm.


Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan

Bila orang tua tetap menginginkan berat badan bayi bertambah di usia nya yang sudah memasuki usia 9 bulan maka bunda dapat memberikan beberapa makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan. Berikut beberapa makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan:

·        Biskuit Bayi

Biskuit bayi dapat diberikan dengan memilih bahan yang menggunakan buah-buahan, sayuran, gandum atau pun beras merah. Supaya si kecil tidak merasa bosan ketika mengkonsumsi biskuit bayi ini maka dapat diberikan berbeda beda rasa setiap hari nya dan dengan begitu dapat membuat nafsu makan si kecil menjadi lebih baik.

·        Bubur Tim

Dengan mengkonsumsi bubur tim ini akan sangat baik untuk membantu mneingkatkan berat badan bayi karena di dalam bubur tim ini mengandung banyak vitamin, protein, serat, mineral dan lainnya yang masih sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan si kecil. Usahakan untuk di dalam bubur tim ini mengandung daging, ati ayam, bayam, kentang dan wortel yang mampu meningkatkan nafsu makan si kecil dan dapat dijadikan sebagai makanan sehat setiap harinya.

·        Bubur Susu

Bubur susu ini dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan utama gandum utuh atau beras merah yang nantinya akan ditambahkan dengan susu murni tanpa menggunakan tambahn gula. Bubur susu ini mengandung serat yang tinggi protein dan kalsium yang tinggi dan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan tubuh si kecil. Serat akan sangat baik bagi pencernaan bayi karena ketika pencernaan bayi itu sehat dapat menyebabkan bayi memiliki nafsu makan yang tinggi.

·        Bubur Roti Pisang

Bubur yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar roti dan dikombinasikan dengan menggunakan pisang dapat membantu meningkatkan nafsu makan bayi yang berusia 9 bulan. Paduan roti dengan pisang yang yang sedikit ditambahkan dengan air susu murni memiliki cita rasa yang akan sangat disukai oleh anak dan kondisi ini dapat membantu meningkatkan berat badan bayi dengan cepat.

·        Bubur Ayam Alpukat

Bubur ini terbuat dari sayuran bayam yang akan dikombinasikan dengan buah alpukat yang sudah diblender dan menjadi makanan yang super sehat karena mengandung zat besi, vitamin E, mineral dan juga serat. Dimana semua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan kesehatan jaringan kulit. Bayi akan mengalami penurunan berat badan karena mengalami gangguan pada pencernaannya sehingga bila si kecil semakin sehat pencernaannya maka si kecil akan semakin besar nafsu makannya.

·        Pepes Ikan Brokoli

Ikan yang diolah dengan cara di pepes dan ditambahkan dengan brokoli yang telah dikukus sebelumnya dapat diberikan kepada bayi yang sudah berusia 9 bulan agar dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan si kecil. Ikan dan juga brokoli merupakan gabungan menu makanan yang banyak mengandung vitamin, omega 3, protein dimana dapat membantu mempercepat peningkatan berat badan bayi.

Selain makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan yang sudah di ungkapkan di atas, ada cara lain lagi dalam meningkatkan berat badan bayi usia 9 bulan. Yaitu dengan tetap memberikan ASI (air susu ibu).

Dengan tetap memberikan air suus ibu (ASI) secara teratur hingga si kecil berusia 2 tahun. Air suus ibu (ASI) merupakan makanan yang terbaik untuk bayi karena di dalam ASI ini mengandung anti bakteri dan nutrisi lengkap yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga membuat bayi menjadi selalu sehat dan tubuh si kecil menjadi mudah mengalami kenaikan berat badan.

Selain itu tidur yang cukup juga dapat membantu perkembangan kesehatan tubuh si kecil agar tubuh bisa selalu stabil. Bayi membutuhkan waktu tidur yang panjang sekitar lebih dari 12 jam.