Cara Mendidik Anak Yang Suka Berkata Kasar

09 Nov 2020

Pada umumnya anak-anak yang akan memasuki masa prasekolah belum memahami dengan benar arti kata yang anak ucapkan. Anak-anak juga belum terlalu memahami apakah kata yang di ucapkan itu pantas atau tidak.

Terlebih bila anda sebagai orang tua tiba-tiba mendengar anak mengucapkan kata kasar pasti akan kaget dan menjadi marah kepada anak. Lalu munculah pertanyaan bagaimana cara mendidik anak yang suka berkata kasar?

Seperti orang dewasa, anak-anak pun dapat saja berkata kasar, melontarkan kata-kata kotor, memaki orang dan atau mengumpat. Ketika anak mengucapkan dan melakukan hal tersebut akan membuat para orang tua menjadi bertanya-tanya “dari mana anak belajar kata tersebut?”


artikel terkait : dongeng fabel


Cara Mendidik Anak Yang Suka Berkata Kasar

Perilaku anak yang memiliki ucapan kata yang kasar sangat tidak boleh untuk diabaikan. Bila anda mendengar anak berkata kasar maka jangan langsung untuk berteriak ataupun langsung memarahi si kecil.

Karena respon dari orang tua sangatlah berpengaruh serta penting dalam mengatasi perilaku anak yang suka berkata kasar ini. Berikut ada beberapa cara dalam mendidik anak yang suka berkata kasar:

Tetap Tenang Serta Berikan Sebuah Penjelasan Kepada Anak Mengenai Ucapan Kata Kasar

Dari pada memarahin anak, lebih baik mengajak anak untuk berbicara. Berikanlah pemahaman bahwa kata yang telah di ucapkan oleh si kecil itu memiliki arti yang tidak baik dan juga tidak pantas untuk di ucapkan terlebih untuk anak-anak.

Para orang tua dapat mengatakan kalimat kepada anak seperti “kata yang diucapkan tadi tidak baik dan anak baik seperti kamu tidak seharusnya mengucapkan kata seperti itu, jadi sebaiknya kamu jangan menggunakan kata itu lagi ya nak”.


Memberikan Contoh Yang Baik Untuk Anak

Karena anak-anak akan sangat mudah sekali dalam meniru orang, amka para orang tua seharusnya menjadi contoh yang baik untuk si buah hatinya. Hindarilah untuk berkata kasar, mencaci orang dan atau menyumpah dengan nada yang marah didepan anak.

Bila anda tidak sengaja mengucapkan kata kasar maka cepatlah untuk mengkoreksi lalu meminta maaf kepada si kecil. Setelah itu berjanjilah untuk tidak akan mengucapkan kata kasar lagi. Ketika ayah dan bunda sedang dalam keadaan marah maka gunakanlah dengan menggunakan kalimat yang positif dan mudah dicerna oleh si kecil.


Menerapkan Sebuah Hukuman

Menerapkan sebuah hukuman ringan ketika anak mengucapkan berkata kasar. Ingat bila hal ini dilakukan agar untuk mendidik si kecil. Namun bisa juga menerapkan hukuman ini untuk semua anggota keluarga agar si kecil merasa hal yang adil. Salah satu contoh sebuah hukuman yang dapat digunakan oleh orang tua ialah dengan hukuman denda. Jadi bila si kecil atau keluarga lainnya mengucapkan kata kasar maka harus memasukkan beberapa jumlah uang yang telah ditentukan diperjanjian. Selain mengajarkan si kecil bahwa berkata kasar itu tidak baik dan dilarang juga dapat mengajarkan si kecil bagaimana cara belajar menabung.


Jangan Ragu Memuji Anak Dan Memberi Penghargaan Untuk Anak

Pujilah usaha anak ketika anak telah berhasil dalam menjauhi berucap kata kasar dan sudah dapat berbicara dengan sangat santun agar si kecil merasa diperhatikan dan juga merasa dihargai dengan usahanya.

Seperti ketika anak sedang bercerita bahwa ada temannya yang berkata kasar namun ia menahan diri dan berhasil tidak mengikuti kata kasar yang diucapkan oleh temannya. Disini orang tua dapat mengatakan bahwa si kecil hebat dan ayah bunda sangat bangga kepada si kecil.


Membatasi Penggunaan Gadget

Bukan hanya dari lingkungan saja, kata-kata kotor dan kata-kata kasar yang diucapkan oleh anak juga dapat berasal dari gadget yang mungkin diberikan kepada si kecil. Tidak sedikit dari video yang ada di media sosial memiliki konten yang tidak mendidik dan juga mengandung sebuah kata-kata yang kasar atau kotor.

Bukan hanya itu saja, bila si kecil terlalu sering menggunakan gadget nya maka dapat mengganggu perkembangan serta kesehatan fisik si kecil. Lebih baik ketika si kecil menggunakan gadget ada baiknya ayah dan bunda mendampingi di sampingnya akan lebih bagus lagi bila ayah dan bunda memberikan Batasan waktu dalam penggunaan gadget. 

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More