5 Cara Mengatasi Sakit Telinga Pada Anak dengan Benar

06 Oct 2020

Tahukah Anda bahwa telinga pada anak sangat sensitive atau rentan terserang sakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri. Terlebih lagi pada kondisi pandemic seperti sekarang ini. Tentu para orang tua diwajibkan untuk menjaga kesehatan anak dengan lebih ketat lagi.

Apa yang anak konsumsi hingga apa yang membuatnya terinfeksi harus segera diatasi. Banyak penyakit yang bisa menyerang mereka dengan sangat mudah, tak terkecuali sakit telinga.

Berikut ini 5 cara mengatasi sakit telinga pada anak yang bisa orang tua coba di rumah:

  1. Mengompresi telinga anak dengan air hangat merupakan solusi yang tepat sebagai bentuk penanganannya. Telinga anak kecil memang sedang dalam masa perkembangan sehingga tidak perlu memberikan antibiotic padanya saat telinganya sakit. Hanya dengan mengompres menggunakan air hangat saja sudah bisa membantu orang tua dalam meringankan sakit telinga pada anak.
  2. Menggunakan irisan bawang merah sebagai pereda sakit telinga pada anak. bawang mengandung zat antimikroba yang dapat mencegah bakteri yang menyebabkan infeksi pada telinga anak. Cukup dengan mengiris bawang merah yang sudah dikupas dan dipotong menjadi dua bagian lalu rendam dalam air yang hangat hingga bawang merah menjadi empuk. Kemudian bisa orang tua gunakan dengan membungkus kain lalu tempelkan atau letakkan pada telinga anak.
  3. Memberikan asupan vitamin C tinggi pada anak menjadi solusi ketiga pada permasalahan ini. Dengan mencukupi asupan vitamin C pada tubuh si kecil dapat membantu mengatasi permasalahan infeksi telinga yang terjadi padanya. Kandungan vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan baik.
  4. Meninggikan posisi anak saat tidur juga merupakan langkah atau solusi yang tepat dalam mengatasi sakit telinga pada anak. Infeksi yang terjadi pada anak biasanya akan sangat terasa jika ia dibaringkan. Sehingga solusi terbaiknya adalah dengan sering meninggikan posisi tidur anak untuk mengatasi sakit telinga anak.
  5. Memberikan beberapa tetes minyak bawang putih ke telinga anak yang sakit adalah solusi yang bisa orang tua lakukan di rumah. Minyak bawang putih bisa orang tua dapatkan di apotek lalu bisa mengaplikasikannya ke anak dengan sangat mudah. Hal itu juga dikenal dengan pertahanan alami yang bisa dilakukan untuk melawan infeksi pada sakit telinga anak.

Dengan memberikan pertolongan saat anak mengalami sakit telinga seperti di atas, orang tua tidak perlu lagi membawanya ke dokter karena dapat diatasi dengan benar di rumah.

Karena bagian eustachius pada anak lebih pendek dibandingkan orang dewasa, itulah kenapa anak-anak lebih rentan mengalami sakit telinga dibandingkan dengan orang dewasa.

Dan gejala-gejala yang ditimbulkan saat anak sakit telinga bisa berbeda-beda tiap anak. beberapa gejala yg ditimbulkan antara lain adalah sering memegang atau menarik telinga, bisa juga hingga mengalami demam, telinga bengkak hingga kemerahan, sulit untuk berdiri maupun duduk, susah untuk tidur, telinga menjadi berbau yang tidak sedap dan anak mengalam muntah.

Saat telinga anak sakit mereka kan menunjukkan ketidaknyamanannya hingga mereka menjadi sangat rewel dan menangis. Itu sebabnya orang tua memang diharuskan peka terhadap kondisi kesehatan anak-anak.

Sehingga saat anak mengalami sakit orang tua bisa megatasinya dengan segera. Beberapa gejala yang disebutkan seperti di atas tadi adalah gejala sakit telinga yang sudah parah. Jadi saat itu terjadi pada anak sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Untuk menjaga kesehatan telinga anak orang tua bisa dengan rutin membersihkan kotoran ditelinga anak ke ahli perawatan telinga.

Biasanya di dokter telinga akan diberikan rujukan untuk membersihkan kotoran yang ada pada telinga anak.

Atau orang tua juga bisa dengan membeli alat pembersih telinga yang danjurkan oleh dokter sehingga orang tua bisa melakukannya rutin di rumah bersama anak.

Dengan menjaa kebersihan badan anak terlebih adalah telinga merupakan kewajiban orang tua. Untuk itu orang tua bisa dengan mencontohkan atau mendidik anak pada pola gaya hidup sehat.

Sehingga apa yang ia kenakan hingga yang ia konsumsi adalah hal terbaik yang ia pilih dan lakukan. Karena dengan mengajarka gaya hidup sehat pada anak sejak dini akan sangat membantu menjaga kesehatannya untuk jangka panjang.