3 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar di Wajah dengan Cepat

15 Oct 2020

Bekas luka merupakan hal yang paling menyebalkan, khususnya buat para wanita. Bekas luka bisa karena luka goresan benda tajam, luka kena api atau terbakar dan lain sebagainya.

Bekas luka bakar biasanya yang sering terjadi. Mengingat luka bakar bisa kapan saja terjadi, terlebih buat orang yang suka sekali masak.

Misalnya saja saat menggoreng minyak meletup kena muka atau tangan. Tentu akan menimbulkan bekas luka bakar di wajah.

Beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar di wajah bisa dilakukan secara alami jika kamu tidak mau menggunakan bahan obat-obatan, seperti obat salep.

Luka bakar memang seringkali dapat menimbulkan bekas yang menghitam ketika sudah kering dan mengelupas. Inilah yang biasanya membuat orang terutama kaum perempuan minder untuk keluar rumah.

Dikarenakan bekas luka bakar yang mulai sembuh akan menghitam. Jadi sebaiknya menghilangkan bekas luka bakar secara alami patut untuk dicoba. Karena mampu menghilangkan bekas luka bakar di kulit wajah.

Berikut ini 3 cara menghilangkan bekas luka bakar di wajah secara alami yang perlu kamu coba:

1. Menggunakan Madu

Madu memiliki sifat anti bakteri yang dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat. Tidak hanya itu, madu juga bersifat anti radang yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka bakar di kulit wajah.

Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu area bekas luka bakar kemudian oleskan madu secara merata.

Madu dapat membantu menyamarkan bekas luka lebih cepat dibandingkan dengan krim-krim antibiotic.


2. Menggunakan Tanaman Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya dapat memberikan efek dingin pada wajah, sehinggamempercepat penyembuhan luka bakar pada wajah. Tidak hanya luka bakar saja, lidah buaya juga membantu mengatasi rasa sakit serta bengkak.

.Karena lidah buaya mengandung gel dingin yang dapat meringankan sakit seperti luka bakar dan bengkak.


3. Menggunakan Minyak Lavender

Mencampur minyak lavender dengan zaitun atau bisa juga dengan baby oil dapat membantu menyembuhkan luka akibat terbakar.

Luka bakar di wajah dapat disamarkan menggunakan 1 atau 2 tetes minyak lavender yang sudah dicampurkan minyak zaitun, lalu oleskan pada bagian wajah yang terkena luka bakar atau bekas luka bakar. Hindari untuk meneteskan minyak lavender langsung di bekas luka bakar.

Selain ketiga bahan di atas, masih banyak lagi cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka bakar di wajah. Misalnya saja bisa dengan menggunakan kencur, teh hijau, daun mint atau bisa juga dengan daun jarak.

Namun, pengolahannya tidak sesederhana menggunakan ketiga bahan di atas tadi. Karena ada yang harus diseduh, ditumbuk untuk bisa dipakai, sehingga lebih ribet ketimbang ketiga cara di atas.

Karena menghilangkan bekas luka dengan cara yang alami memang banyak sekali. Bahan-bahan dari alam memang sudah sejak dulu dipercaya ampuh untuk mengatasi berbagai macam kendala penyakit yang ada pada manusia, tak terkecuali untuk menghilangkan bekas luka bakar di wajah.

Banyak kok bahan-bahan dari alam yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka.

Bahan-bahan alami lainnya yaitu minyak kelapa, baking soda, cuka apel, mengkudu dan mentimun. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, tentu saja kita harus sabar karena bekas luka tidak begitu saja hilang dalam hitungan jam atau hari.

Namun membutuhkan proses beberapa minggu untuk melihat hasilnya di wajah. Namun, bahan alami sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam menghilangkan bekas luka bakar di wajah.

Dengan rutin mengoleskan atau mengkonsumsi bahan alami dalam menyembuhkan bekas luka bakar, maka cepat atau lambat bekas luka akan hilang dengan sendirinya.

Menggunakan bahan alami juga lebih aman dibandingkan menggunakan obat-obatan untuk dikonsumsi.

Sehingga lebih baik memanfaatkan bahan-bahan dari alam untuk menghindari efek samping saat masa pengobatan luka bakar tersebut.

Kamu juga bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah agar kulit mendapatkan nutrisi terbaiknya, sehingga pemulihan pun juga akan lebih cepat jika kulit ternutrisi dengan baik.

Dengan begitu, mari jaga pola makan dan gaya hidup sehat kita agar Kesehatan tetap terjaga hingga usia tua nantinya. Jika tubuh kita dirawat dengan baik maka tidak heran bila kita juga dapat bahagia menjalani hidup.