4 Cara Menghilangkan Bekas Luka Kena Minyak Panas Menggunakan Bahan Alami

06 Oct 2020

Bagi para perempuan yang memang hobi memasak, tentu saat-saat menggoreng adalah saat di mana harus berhati-hati. Sebab minyak panas yang ada di wajan bisa saja terpercik ke kulit kita terutama pada tangan atau muka.

Tak jarang lho hal tersebut menjadi hal yang paling bikin malas anak-anak perempuan untuk berada di dapur. Selain nanti bau penggorengan nempel di tubuh, percikan minyak panas pun juga tak terhindarkan.

Biasanya percikan akibat penggorengan di kulit akan meninggalkan bekas yang mungkin saja akan lama hilangnya. Jadi cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas menjadi hal utama yang akan dicari.

Inilah tips 4 cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas menggunakan bahan alami yang bisa kamu coba di rumah:

1.  Lidah buaya

Menggunakan lidah buaya sebagai obat penghilang bekas luka kena minyak panas adalah hal yang tepat. Karena kandungan yang ada pada lidah buaya ada vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E dan asam folat yang dapat memulihkan luka dengan cepat. Selain itu, lidah buaya juga memberikan efek dingin di kulit yang melepuh akibat percikan minyak panas tersebut.


2.  Buah mentimun

Tahukah kamu? Bahwa buah mentimun mengandung vitamin C dan K yang sangat tinggi. Selain itu kandungan antioksidan dalam buah mentimun juga dapat membantu memulihkan luka bakar atau luka melepuh akibat kena percikan minyak. Dengan menempelkan buah mintumin yang sudah dibersihkan dan dipotong ke area luka yang terkena percikan minyak selama 30-40 menit. Dengan begitu luka bekas kena minyak tidak meradang dan akan sembuh tanpa meninggalkan bekas luka.


3.  Susu

Menggunakan susu dingin ternyata dapat menjadi alternatif cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas dengan cepat. Dengan merendam bagian yang terkena minyak panas menggunakan susu dingin selama 30 menit dapat menyembuhkannya dengan segera.


4.  Kunyit dan madu

Kunyit dipercaya mengandung zat yang berkhasiat sebagai obat yaitu kandungan kurkuminoid terdiri dari kurkumin, bisdesmetoksikurkumin dan desmetoksikumin. Ada juga zat lain yaitu turmeron, zingiberene, keton sesquiterpene, felandren dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut dapat membantu penyembuhan bekas luka kena minyak tanah dengan lebih cepat. mencampurkan kunyit dan madu dapat meredakan rasa-rasa panas akibat percikan minyak panas tersebut.

4 cara di atas ampuh untuk mengatasi bekas luka bekas percikan minyak goreng panas. Dibandingkan dengan mengobati menggunakan krim obat, menggunakan bahan-bahan alami di atas lebih aman dan mudah untuk didapatkan dengan segera. Dengan mengobati menggunakan bahan alami, kulit akan lebih mudah menerima dan minim efek samping.

Jika dibandingkan dengan menggunakan salep atau krim di mana belum tentu kulit cocok, malah bisa-bisa menimbulkan alergi dan membuat luka bekas kena minyak panas meradang.

Oleh karena itu menggunakan bahan-bahan alami merupakan pilihan yang paling tepat. Karena dengan menggunakan bahan alami pemulihan akan lebih cepat dan aman untuk kulit.

Jangan lupa sebelum mengobati area yang terkena minyak panas untuk dibersihkan terlebih dahulu. Bisa dengan mengaliri area yang terkena minyak panas menggunakan air dingin, lalu bisa dikeringkan menggunakan bahan yang lembut baru obati luka dengan salah satu cara di atas.

Bekas luka yang cukup parah biasanya akan lebih memakan waktu lama untuk pulih seperti sediakala.

Walaupun bekas luka tidak sepenuhnya akan pulih seperti dulu, namun bekasnya akan tersamarkan dengan segera menggunakan bahan-bahan alami di atas.

Dan biasanya juga tergantung pada tingkat luka bakar akibat minyak panas tersebut seberapa. Jika tingkat kerusakan yang terjadi pada kulit parah dan luas maka sebaiknya membutuhkan pertolongan dokter untuk mengatasinya.

Karena dengan kondisi luka bakar yang terjadi tentu penangannya juga berbeda-beda. Jika bekas luka akibat minyak panas cukup ringan, dengan mengobati menggunakan bahan-bahan alami tersebut akan lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Jangan lupa untuk mengulangi pengobatan menggunakan bahan alami secara teratur hingga luka bekas kena minyak panas hilang atau lebih samar. Nah itulah cara menghilangkan bekas luka kena minyak panas yang bisa dicoba, semoga bermanfaat ya.