Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju Putih

08 Dec 2020

Pakaian yang memiliki warna dasar putih merupakan salah satu pakaian yang harus ada di dalam lemari. Alasannya pun cukup sepele karena warna putih dapat dengan mudah untuk di padu padankan dengan berbagai warna dan dapat diandalkan kapan saja.

Namun permasalahan yang sering terjadi dan sering membuat orang khawatir ialah bila pakaian warna putihnya terkena noda luntur.

Terlebih bila anda tidak sengaja mencampurkan pakaian putih anda dengan warna lainnya yang menyebabkan pakaian putih anda terkena lunturan. Tenang, di dalam artikel ini kita akan berbagi bagaimana cara menghilangkan noda luntur di baju putih.


artikel terkait : cerita fabel


Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju Putih

Berikut cara menghilangkan noda luntur di baju putih yang sangat praktis:


Menggunakan Larutan Pemutih Baju

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila larutan pemutih pakaiansangat efektif dalam membantu menghilangkan noda yang ada di baju putih.

Anda cukup menambahkan larutan pemutih pakaian secukupnya yang direndamkan di baju sebelum baju putih tersebut di cuci.

Supaya serat pakaian putih anda tidak rusak maka sebaiknya sebelum mencuci pakaian putih anda pastikan untuk merendam pakaian putih anda selama maksimal sekitar lima belas menit.


Menggosokan Cuka Pada Pakaian Putih

Cara selanjutnya ialah dengan menggunakan cuka. Dengan menggunakan cuka ini dapat membantu membunuh jamur yang nakal.

Bila pakaian putih anda terkena lunturan atau noda hitam maka gosokkan cuka di area noda atau lunturan. Namun sbelumnya campurkan terlebih dahulu cairan cuka pada satu ember air dan kemudian kucek pakaian putih anda.

Setelah itu rendam kurang lebih satu jam lalu selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat.


Menggunakan Belimbing Wuluh

Bila noda atau lunturan pada pakaian putih anda tidak begitu banyak maka anda dapat menggunakan cairan belimbing wuluh.

Teteskan cairan belimbing wuluh di atas area baju yang terkena lunturan setelah itu bilas dengan air bersih lalu lanjutkan dengan cara mencuci baju seperti biasanya.


Memanfaatkan Air Jeruk Nipis

Sama dengan menggunakan belimbing wuluh, kandungan asam yang ada di dalam jeruk nipis juga dapat membantu menghilangkan noda atau lunturan yang ada di pakaian putih anda.

Cara menggunakannya pun cukup sama seperti dengan menggunakan belimbing wuluh. Bila anda kesusahan untuk menemukan belimbing wuluh itu maka anda dapat menggunakan jeruk nipis sebagai jalan alternatifnya.


Menggunakan Vetsin Atau Micin

Bukan hanya dapat membuat masakan menjadi sedap saja, vetsin dan micin juga dapat digunakan untuk memutihkan pakaian anda lagi yang terkena noda atau lunturan.

Campurkan vetsin atau micin ini dengan deterjen dimana perbandingannya sekitar 2:3 lalu campurkan dengan menggunakan air panas.

Pastikan bila jumlah air nya dapat merendam pakaian putih anda lalu diamkan sekitar tiga puluh menit setelah itu kucek pakaian dan bilas dengan air bersih.


Menggunakan Baking Soda

Baking soda saat ini juga menjadi pilihan karena mudah untuk ditemukan serta akan selalu ada di semua rumah.

Walau tidak seefektif dengan menggunakan vetsin atau micin, namun bila noda atau lunturan pada pakaian tidak begitu banyak maka anda dapat menggunakan bahan baking soda ini.

Caranya pun cukup mudah, dengan hanya mencampurkan baking soda ke dalam rendaman pakaian putih anda lalu cuci lah seperti biasanya.


Dengan Menggunakan Alkohol

Bila noda lunturan itu berasal dari tinta maka cobalah untuk menggunakan alkohol dalam mengatasinya.

Cara ini sangat efektif terlebih dalam menghilangkan noda luntur di pakaian putih anda. Gosokkan alkohol pada pakaian putih anda yang terkena noda lunturan hingga noda lunturan tersebut memudar, lalu setelah itu kucek pakaian dengan mennggunakan detergen.

Lakukan cara ini hingga dua sampai tiga kali agar noda dapat hilang sepenuhnya dari pakaian putih anda.


Dengan Menggunakan Aseton

Cara selanjutnya dalam menghilangkan noda luntur di baju putih ialah dengan menggunakan aseton yang biasanya tersimpan di bagian make up anda.

Berikan beberapa tetes aseton ini di atas baju putih anda yang terkena noda atau lunturan. Rendam dan diamkan selama sekitar tiga puluh menit setelah itu di kucek dan bilas seperti anda mencuci pakaian biasanya.


Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More