Cara Menyuburkan Rambut Bayi

16 Sep 2020

Banyak cara menyuburkan rambut bayi yang bisa Bunda lakukan di rumah. Memiliki anak dengan rambut yang lebat dan sehat tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Merawat rambut bayi baru lahir menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Disamping bayi yang masih kecil terlihat lucu bagaimanapun bentuk rambutnya.

Kita bisa melihat apakah kepala bayi sehat atau tidak hanya dengan menyentuh serta melihatnya saja. Ciri kulit kepala bayi sehat di antaranya adalah tidak ada ruam merah, tidak memiliki cairan atau kerak pada kulit kepalanya dan ketika disentuh kulit kepala bayi sangat lembut. Ketiga ciri tersebut sudah cukup dalam mengindikasi apakah kulit kepala bayi Anda sehat dan terawatt dengan baik.

Merawat kulit kepala bayi tentu menjadi hal yang sangat penting guna menyuburkan rambut bayi agar tumbuh dengan sehat serta kuat. Langkah-langkah dalam menyuburkan rambut bayi bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

1.      Menggunakan santan kelapa

Santan kelapa sama seperti minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri sudah dikenal sebagai minyak yang dapat menyuburkan rambut karena mengandung vitamin E tinggi. Bahkan santan kelapa sejak dulu juga sudah digunakan sebagai bahan yang mampu mengurangi rambut rontoks.

2.      Menggunakan minyak kemiri

Sejak dulu minyak kemiri selalu exist dalam dunia penyubur rambut. Warisan ramuan dari nenek moyang inilah yang dipercaya ampuh sebagai obat alami penumbuh atau penyubur rambut. Minyak kemiri juga dapat membantu melembabkan kulit agar kulit kepala tidak kering. Dengan menjaga kelembaban kulit kepala bayi akan membuat rambut tumbuh dengan subur dan sehat.

3.      Menggunakan daun seledri

Daun seledri dikenal mengandung protein, vitamin A, vitamin B dan C yang dapat membantu dalam pertumbuhan rambut yang baru pada bayi. Daun seledri juga memiliki kandungan lemak serta zat besi yang mampu merangsang tumbuhnya rambut baru di kepala bayi.

4.      Menggunakan bahan almond

Almond masuk dalam kategori kacang-kacangan. Kacang almond selain enak untuk dikonsumsi ternyata almond memiliki khasiat lain yaitu dalam menyuburkan rambut bayi. Kacang almond mengandung asam amino essensial dan protein tinggi yang bisa menyuburkan pertumbuhan rambut bayi dengan cepat.

5.      Menggunakan lidah buaya

Gel lidah buaya kini sedang menjadi trend yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut bayi. Penyubur rambut yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kulit kepala. Dengan rutin membaluri kulit kepala bayi dengan gel lidah buaya dengan sambil dipijat-pijat dengan lembut akan membantu rambut bayi yang tipis menjadi lebat.

6.      Menggunakan handuk yang lembut

Menggunakan handuk lembut untuk diaplikasikan pada kepala bayi saat rambut mereka basah dapat merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih bagus dan kuat. Dan sebaliknya, jika mengusap rambut bayi dengan handuk yang kasar akan menyebabkan folikel pada kulit kepala bayi mudah rusak dan mengalami penipisan lho. Itu sebabnya bayi dianjurkan untuk menggunakan handuk lembut saat mandi.

7.      Mencuci rambut dengan teratur

Menyuburkan rambut bayi yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mencucinya secara teratur. Menyuburkan rambut secara alami dengan rutin mencuci rambut bayi minimal 2 atau 3 hari sekali ya. Dengan begitu rambut bayi Anda akan tumbuh dengan sehat, kuat dan lembut karena terjaga kesehatannya dengan baik.

8.      Memberikan makanan yang bergizi

Makanan bergizi mampu menutrisi rambut bayi dengan baik. Sehingga rambut bayi akan tumbuh lebih kuat. Makanan yang bergizi dapat membuat akar-akar di rambut bayi tumbuh dan berkembang dengan sehat. Saat si kecil sudah boleh mengkonsumsi MPAsi sebaikanya berikan makanan sehat penyubur rambut bayi seperti bayam, salmon dan telur. Kandungan protein dalam salmon, bayam dan telur sangat tinggi sehingga dapat menumbuhkan rambut dengan baik.

9.      Melindungi rambut

Bukan hanya rambut orang dewasa saja yang perlu dilindungi, rambut bayi juga perlu dilindungi dengan baik. Saat Bunda akan mengajak si kecil keluar rumah sebaiknya lindungi kepala bayi dengan menggunakan topi atau bisa menggunakan penutup kepala. Agar kulit kepala dan rambut bayi terlindungi dari debu, sinar matahari dan polusi.