Cerita Fabel Untuk Si Kecil

09 Nov 2020

Fabel adalah salah satu contoh cerita dongeng yang diperankan oleh hewan yang bertujuan menanamkan nilai nilai positif kepada si kecil. Dunia fabel akan selalu dipenuhi dengan berbagai jenis macam satwa, masing-masing jenisnya memiliki sebuah karakter yang unik, menarik dan juga berbeda.

Dari banyaknya jenis hewan yang muncul ada satu jenis hewan yang sering sekali dikisahkan di dalam berbagai contoh cerita fabel yaitu kancil. Dari segi panjang ceritanya ada beberapa cerita fabel yang sangat panjang tetapi ada juga cerita fabel singkat 3 paragraf saja.

Di berbagai macam cerita fabel, karakter kancil akan selalu berhasil dalam mengajarkan banyak nilai moral yang positif untuk si kecil. Sebelumnya kita ingin mengetahui nih apasih kegiatan si kecil sebelum mereka tertidur? Apakah orang tua pernah mencoba untuk membacakan atau menceritakan sebuah dongeng fabel untuk si kecil sebelum mereka tertidur?

Membacakan dongeng mengenai berbagai cerita fabel untuk si kecil, selain dapat membuat anak menjadi rajin untuk membaca ternyata juga dapat menjadi salah satu alternatif bila si kecil susah tidur karena telah terbiasa mengedot atau mengemut empengnya.

Dengan membacakan cerita fabel ini dapat menjadi salah satu cara dalam pengalihan yang boleh dicoba oleh para orang tua. Pilihan cerita fabel nya juga sebaiknya disesuaikan dengan usia si kecil, jangan memilih cerita yang rumit karena di usia nya yang sekitar satu sampai tiga tahun biasanya si kecil belum bisa menangkap cerita yang terlalu kompleks karena masih keterbatasannya bahasa si kecil.

Carilah contoh cerita fabel yang memiliki cerita sederhana yang tidak terlalu kompleks serta usahakan buku cerita dongeng nya lebih banyak mengandung unsur gambarnya dibandingkan dengan tulisannya.


Berbagai Contoh Cerita Fabel Panjang Maupun Pendek Untuk Si Kecil

Ada berbagai cerita fabel untuk si kecil yang dapat didongengkan untuk anak. Berikut beberapa contoh cerita fabel yang dapat didongengkan untuk si kecil:


1.) Si Kelinci Yang Sombong Dan Kura-Kura Yang Rendah Hati

Cerita fabel ini akan menceritakan tentang kelinci yang sangat teramat sombong dimana si kancil merasa dirinya merupakan binatang yang memiliki kemampuan dalam berlari yang paling cepat. Dengan kesombongan yang dimilikinya ini, suatu hari si kancil menantang kura-kura untuk beradu dalam lomba lari.

Kura-kura yang sangat rendah hati ini pun menerima dengan senang hati ajakan si kelinci tanpa mengetahui maksud jelek si kelinci.

Si kelinci yang sombong ini pun sudah sangat yakin bahwa dirinya akan menang dan snagat bersemangat serta mengabarkan ke penduduk hutan bahwa ia akan mengikuti lomba lari bersama dengan kura-kura. Dengan menjunjung rasa sombongnya pun ia menyuruh penduduk hutan untuk melihat kemenangan si kelinci. Tiba di hari perlombaannya, kelinci berlari dengan sangat kencang di awal perlombaan.

Sedangkan sudah sangat bisa ditebak kura-kura yang berjalan saja lambat namun si kura-kura tetap santai dan terus berlari sebisa mungkin agar tetap dapat mengejar kelinci.

Sedangkan keadaan kelinci saat itu telah hampir sampai digaris finish memutuskan untuk beristirahat sebentar dibawah pohon karena berfikir kura-kura tidak akan dapat menyusulnya.

Namun ternyata dugaan kelinci salah, ketika kelinci beristirahat dibawha pohon si kelinci tertidur dengan sangat pulas sehingga kura-kura pun dapat menyusul dan menjadi pemenang lomba lari. Nah pesan dari cerita ini ialah kita tidak boleh untuk meremehkan kemampuan siapa saja dan juga kita harus tetap tekun bila menginginkan kemenangan.


2.) Si Singa Dan Si Tikus

Cerita fabel selanjutnya yang cocok untuk si kecil ialah cerita mengenai singa dan tikus. Pada suatu hari seekor tikus melakukan sesuatu kejahilan kepada seekor singa, dimana dengan sengaja tikus membangunkan singat yang sedang terlelap tidur. Tidak disangka singa sangat marah sehingga menangkap tikus dan ingin memakannya.

Namun dikeadaan ini si tikus menangis dan meminta ampun agar singa memaafkan si tikus. Dengan rasa berbesar hati singa pun akhirnya memaafkan kesalahan tikus dan akhirnya melepaskan tikus.

Disini tikus sangat berterima kasih kepada sis inga dan berjanji untuk membalas kebaikan sis inga pada suatu hari nanti. Pada beberapa hari kemudian singa terperangkap jaring yang sengaja dipasang oleh pemburu disini singa merasa sangat ketakutan serta menangis mengingat bila nanti dibunuh oleh para pemburu.

Mendengar suara tangisan singa, tikus pun menghampiri singa yang terjerat jaring hingga sudah tidak berdaya. Si tikus pun mengingat kebaikan si singa dan akhirnya membantu singa terlepas dari jeratan jaring dengan cara menggerogoti jaring hingga terputus. Dengan adanya kejadian itu, membuat singa dan tikus menjadi teman baik.


3.) Si Kancil Dan Beberapa Kawanan Buaya

Contoh cerita fabel berikutnya yang cocok untuk si kecil ialah si kancil dan beberapa teman buayanya. Binatang kancil merupakan binatang yang sangat cerdik di hutan, di suatu hari kancil ingin menyeberangi sungat dan juga mencari makanan yang berada di daratan sebelah sungai.

Namun setelah mendekati sungai ternyata jembatan yang biasanya dipakai untuk menyebrang telah rusak akibat terkena badai, disini kancil kebingungan namun juga tetap mencari ide. Pada akhirnya si kancil pun mencari para buaya yang tinggal disungai tersebut dan munculah satu buaya yang melihat kancil dan langsung menerkam kaki si kancil.

Kancil pun berteriak karena sangat kaget dan berkata “buaya jangan makan aku dahulu” buaya pun menjawab “kenapa? Saya sangat lapar sekarang dan kamu terlihat enak sekali untuk dimakan.” kancil pun berkata “beri saya beberapa jam lagi untuk menggendutkan tubuh agar daging ku lebih banyak dan enak sehingga pak buaya dan teman bisa lebih enak memakanku.”

Buaya pun menjawab “tidak, kamu pasti hanya menipu kan?” kancil pun dengan tegas menjawab “saya berjanji pak buaya, saya tidak akan bohong.

Selagi saya akan membesarkan badan ini, pak buaya dapat memanggil teman-teman yang lain yang akan menyantap saya nantinya. Pasti nanti tubuh saya akan dibagi-bagi oleh para buaya, maka dari itu ada berapa banyak teman pak buaya disini?” si buaya pun menjawab “banyak sekali teman saya disini” maka kancil pun menjawab “jika begitu coba pak buaya panggil teman-temannya dan minta mereka berjajar di samping pak buaya agar saya dapat menghitungnya, dengan begitu saya tahu harus dibagi berapa badan saya nantinya setelah saya menggumukan badan nanti”.

Buaya pun termakan oleh omongan kancil dan menuruti apa yang dikata kancil sehingga buaya pun memanggil semua teman buaya nya dan meminta teman buaya untuk berjajar agar si kancil dapat menghitung. Setelah semuanya buaya berkumpul dan juga berjajar, kancil pun mulai menaiki satu per satu buaya dan sambil menghitung para buaya.

Dengan cepatnya kancil menjajaki buaya agar dapat segera lari dan terhindar dari para buaya sebelum si kancil menjadi santapan dari para buaya. Setelah kejadian itu pun para buaya merasa terbodohi oleh si kancil dan menyadari bahwa mereka hanya di tipu dan di perdaya oleh si kancil.


Kesimpulan

Nah, tiga jenis contoh cerita fabel inilah yang dapat diceritakan oleh para orang tua untuk si kecil yang dapat membantu si kecil agar dapat tertidur dengan pulas. 

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More