Beberapa Ciri-ciri Tipes Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

06 Oct 2020

Anak-anak dalam masa pertumbuhan butuh didampingi oleh orang tua dengan baik. Karena anak-anak masih rentan terhadap berbagai macam virus dan bakteri penyebab sakit. Yang sering terjadi baru-baru ini adalah gejala tipes pada anak. 

Ciri-ciri tipes pada anak pun juga beragam, tergantung kondisi tubuh masing-masing anak. Jangan pernah mengabaikan sakit pada anak, sekalipun itu sakit tipes.

Tipes adalah penyakit yang sudah umum terjadi pada anak-anak. Pada umumnya gejala tipes yang terjadi pada anak dapat datang secara tiba-tiba atau bisa juga secara bertahap dalam beberapa hari. 

Dengan begitu, penting sekali untuk orang tua buat tahu apa saja sih gejala yang ditimbulkan atau penanganan seperti apa yang tepat saat anak terserang sakit tipes.

Jika orang tua paham dengan sakit tipes yang terjadi serta secara detail mengetahui kondisi anak tentu dapat menanganinya dengan mudah. 

Oleh karena itu penting sekali untuk orang tua ketahui bahwa penanganan tipes untuk anak tentu menjadi hal yang bisa orang tua pelajari agar dapat menangani atau mengantisipasi dengan baik. Berikut ini ciri-ciri tipes pada anak yang perlu orang tua tahu:

1. Gejala awal yang dialami anak pada umumnya adalah demam, badan terasa tidak enak dan disertai dengan sakit perut. Demam biasanya mencapai 39 derajat Celsius. Ada juga yang disertai dengan diare parah berlangsung hingga seminggu

2. Mual-mual dan muntah

3. Tubuh anak semakin lemah dan lesu

4. Anak mengalami sakit kepala

5. Mengalami gangguan pencernaan

6. Anak mengalami kesulitan untuk bergerak atau mengalami kelelehan yang cukup parah

7. Mengalami sembelit serta diare

8. Kehilangan nafsu makan 

9. Lidah akan berubah keputihan

10. Lemas disertai pegal-pegal pada tubuh

Jika gejala tipes pada anak sudah akut biasanya akan mengalami demam yang cukup lama disertai dengan nafsu makan turun, mual muntah dan sakit kepala. Saat anak menunjukkan ciri-ciri tersebut sebaiknya segera bawa anak ke dokter segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Semakin cepat membawa anak ke dokter semakin cepat pula pemulihan yang akan anak dapatkan. 

Tahukah Anda? Bahwa saat anak terkena sakit tipes mereka akan mengalami limpa dan pembesaran hati. Kemudian anak akan mengalami penurunan pada berat badan secara drastic. 

Tidak hanya itu saja, mereka juga bisa dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh akibat kurang minum. Anak-anak memang akan mengalami banyak kesulitan yang sangat merugikan tubuh ketika terkena tipes.

Sakit tipes yang segera diobati akan sembuh dengan kurun waktu 3 sampai 4 minggu. Namun jika tidak segera diobati akan memakan waktu lebih lama lagi yaitu lebih dari satu bulan. 

Dan ini sangat beresiko sekali anak terkena berbagai penyakit komplikasi, antara lain adalah:

• Bronchitis

• Meningitis

• Peritonitis

• Pendarahan di saluran pencernaan seperti usus dan lambung

• Sepsis (keracunan darah)

• Koma atau hilang kesadaran

• Perforasi usus

Jika tak segera ditangani, berbagai macam penyakit di atas dapat menyerang anak dan bisa membahayakan nyawanya. Dengan melakukan perawatan yang tepat anak akan pulih cepat. 

Akan tetapi jika tidak ditangani dengan segera maka tidak menutup kemungkinan beberapa penyakit di atas akan menyerang anak. 

Saat ciri-ciri tipes pada anak sudah muncul, sebaiknya orang tua segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan segera agar kemudian anak menjalani pemeriksaan. Pemerikasaan dilakukan untuk mengetahui apakah anak mengalami tipes atau gejala penyakit lain. 

Biasanya untuk gejala tipes sendiri anak akan diperiksa dari tes urine serta darah, kultur feses hingga pemeriksaan widal. 

Jika hasilnya menunjukkkan anak mengalami penyakit tipes, dokter akan segera memberikan penanganan secara bertahap seperti:

• Memberikan obat-obatan untuk dikonsumsi

• Memberikan sebuah terapi cairan pada anak

• Memberikan makanan-makanan bernutrisi

• Membuat anak agar cukup istirahat

Nah, itulah beberapa hal yang perlu orang tua tahu tentang Kesehatan anak, terutama dalam sakit tipes pada anak ini. Dengan mengetahui penyebab dan cara penangannya secara tepat, maka anak pastinya akan tertangani dengan baik. 

Terlebih lagi jika orang tua menangani dengan segera sakit tipes anak ini maka penyembuhannya juga akan cepat.