Dampak Game Online Bagi Si Kecil

08 Jul 2020

Adalah sangat wajar jika si kecil sangat menyukai game online, karena pada dasarnya dunia mereka adalah dunia bermain. Tetapi apakah moms memahami dampak game online bagi si kecil ?

Pada jaman internet sekarang ini jenis atau varian game online sangat banyak sekali, dari mulai game yang sederhana sampai ke game yang rumit dan membutuhkan kerjasama sebuah tim.

Di beberapa kota kota besar di Indonesia terdapat komunitas-komunitas penyuka game tertentu, mereka berkumpul karena memiliki minat yang sama dan mendiskusikanya di media social maupun membuat video trik trik bermain game onlie melalui video di youtube.

Game online seperti mobile legend, PUBG maupun freefire sangat akrab dengan keseharian anak anak baik itu di rumah maupun di sekolah. Mereka akan membahas trik trik di masing masing permainan ini dengan penuh semangat, lebih semangat dari mendiskusikan pelajaran-pelajaran sekolah.


Dopamine Pada Game Online

Dopamine merupakan rasa rasa senang yang di dapat karena reaksi kimia di otak, perasaan ini di dapatkan dari aktivitas menyenangkan seperti menyantap makanan lezat, memainkan game dan pergi ketempat-tempat indah yang menyenangkan.

Hormon dopamine sangat mempengaruhi emosi dan tindakan seseorang.

Otak si kecil yang sudah tebiasa menerima dopamine dari game online akan “nagih” dan jika tidak di penuhi akan membuat ketidak seimbangan pada kondisi emosi si kecil.


Efek Negatif Kecanduan Game Online

Pesatnya perkembangan teknologi internet di tunjang dengan kecanggihan teknologi smartphone membuat anak anak begitu mudah untuk mengakses game online.

Efek negative dari kecanduan game online bukan hanya akan mempengaruhi kondisi kesehatan mentalnya tetapi juga akan memberi efek kepada kesehatan fisiknya.

Anak anak yang sudah kecanduan bisa duduk berjam jam untuk menyelesaikan sebuah permainan.

Gangguan perkembangan otak, penglihatan serta pendengaran, susah tidur (insomnia) biasa terjadi pada anak anak yang tingkat kecanduan game onlinenya sangat parah.

Beberapa jenis game online seperti pointblank,PUBG dan crossfire sebenarnya sangat tidak ama untuk di mainkan oleh anak anak.

Anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan alam bawah sadarnya sangat kuat, otaknya akan gampang merekam dan meniru hal hal yang ia lihat di keseharianya, moms bisa membayangkan jika setiap hari si kecil selalu memainkan game online yang isinya kekerasan.

Perilaku agresif anak seperti senang memukul, berkata kasar dan membantah atau memberontak terhadap nasehat nasehat yang di berikan orang tuanya adakag efek negative dari game yang penuh perkelahian dan kekerasan ini.


Mencegah Si kecil Kecanduan Game

·        Bangunlah Waktu Berkualitas Bersama Si Kecil

Jangan membiasakan asik dengan gadget di tangan ketika sedang bersama si kecil, ingat si kecil akan sangat gampang meniru segala tingkah laku orang tuanya. Jika sedang bersama si kecil buatlah kegiatan yang menyenangkan seperti , mengajaknya menanam dan menyiram bunga, memberi makan ikan ikan kecil, moms bisa membuat kolam kecil di lingkungan rumah.

·        Gunakan Kata Sandi Pada Gadget

Jauhkan gadget dari jangkauan si kecil , buatlah kata sandi yang sulit di tebak oleh si kecil. Jangan pasang aplikasi game online apapun di smartphone yang moms punyai. Moms bisa menggantinya dengan aplikasi bahasa asing misalnya, aplikasi seperti ini memiliki efek positif karena pengenalan bahasa asing sedari kecil tentunya akan memudahkan otak si kecil untuk menerima pelajaran bahasa asing ketika sekolah.

·        Jangan Membiarkan si Kecil Bermain Sendiri Tanpa Pengawasan

Jika si kecil sudah mulai bersekolah tentu saja moms tidak bisa mengawasinya dalam 24 jam, si kecil bisa saja mulai memainkan game online dan kecanduan karena pengaruh teman temanya di sekolah.

Untuk mengatasi hal hal seperti ini maka sangat penting bagi ibu dan anak untuk sering meluangkan waktu bersama-sama, berbagi cerita khususnya tentang bagaimana si kecil melewati hari-harinya ketika bersama teman-temanya.

·        Ajaklah si Kecil Berolahraga

Aktivitas fisik merupakan cara yang efektif untuk membuat si kecil jauh dari game online, lakukanlah olahraga ringan seperti bermain sepak bola di halaman rumah, bersepeda bersama, atau bisa dengan mengajak si kecil ke kolam renang dan mengajarkan caranya berenang.

·        Mengajak si Kecil Pergi ke Tempat Bersejarah

Banyak sekali monument megah bersejarah di Indonesia, sering seringlah mengajak si kecil untuk melihat bangunan bangunan bersejarah seperti candi atau tugu peringatan para pahlawan, hal ini bisa menstimulasi otak si kecil dan mengasah wawasan si kecil.

·        Mengenalkan Seni Kepada si Kecil

Ajaklah si kecil untuk menggambar dan memainkan alat alat music, untuk menambah semangat si kecil kegiatan ini bisa di lakukan di luar ruangan, moms bisa mengajak si kecil ke taman sambil membawa alat alat menggambar atau alat music yang gampang di bawa.