Ikan Untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

22 Oct 2020

Ikan merupakan salah satu menu yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena ikan untuk ibu hamil dipercaya dapat mencerdaskan bayi. Ada beberapa jenis ikan untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi karena mengandung beberapa ragam nutrisi. Lalu apa saja jenis ikan untuk ibu hamil agar bayi cerdas? Berikut jawabannya. 

Di dalam ikan mengandung protein, lemak (omega 3), berbagai macam vitamin dan juga beraneka macam mineral seperti zat besi, zinc, selenium dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil serta baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam rahim. 

Kandungan protein dan omega 3 yang tinggi dalam kandungan ikan ini membuat jenis makanan ini menjadi salah satu pilihan makanan yang baik dalam mendukung perkembangan otak janin yang ada di dalam kandungan. 


Jenis Ikan Untuk Ibu Hamil


Secara umum ada 2 jenis ikan yang diketahui ialah jenis ikan laut dan juga ikan air tawar. Walaupun memiliki habitat yang hidup yang berbeda, namun kedua jenis ini tetap menawarkan nutrisi dan juga manfaat yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Berikut beberapa pilihan jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar bayi cerdas:


1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Jenis ikan ini diketahui merupakan sebuah ikan padat bernutrisi yang rendah oleh kadar merkurinya. Ikan salmon juga kaya akan kandungan omega 3, protein, mineral dan juga vitamin. 

Nutrisi tersebut akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan juga calon bayi. Kandungan omega 3 yang tinggi dalam ikan salmon ini juga telah terkenal baik dalam perkembangan otak janin. Selain itu juga ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki manfaat dalam mengurangi risiko kelahiran premature, preeklamsia serta depresi pasca melahirkan. 


2. Ikan Tongkol 

Selanjutnya ialah ikan tongkol, ikan tongkol ini sangat baik bila dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung protein, zat besi, zinc, kalsium serta vitamin B. nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan bagi ibu hamil serta janin selama di masa kehamilan. 


3. Ikan Mujair 

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki banyak nutrisi bagi ibu hamil dan janin. Ikan mujair ini sangat mudah ditemukan di supermarket ataupun pasar tradisional di indonesia. 

Ikan mujair juga diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi, didalam 100 gram ikan mujair terkandung sekitar 26 gram protein. Bukan hanya itu saja ikan mujair juga baik dikonsumsi karena mengandung kalium, selenium, fosfor dan juga vitamin B. Nutrisi tersebut akan sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan pertumbuhan jaringan tubuh dan otak janin, mendukung pertumbuhan jaringan payudara dan rahim ibu selama di masa kehamilan serta membantu pertumbuhan tulang janin. 


4. Ikan Sarden 

Di dalam ikan sarden ini memiliki kandungan nutrisi yang hampir smaa dengan jenis ikan lainnya. Ikan sarden juga sangat bernilai gizi tinggi dan sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kandungan merkuri dalam ikan sarden ini cukup rendah. 

Bila selama hamil, ibu hamil jarang mengkonsumsi ikan sarden maka saat ini dapat dijadikan sebagai pilihan menu makanan dalam sehari-hari. 


5. Ikan Lele 

Ikan lele ini akan sangat mudah diperoleh dengan harga yang relative terjangkau. Walau begitu nutrisi dan manfaat dari ikan lele ini tidak dapat dianggap remeh karena di dalam ikan lele diketahui mengandung banyak nutrisi penting untuk ibu hamil dan janin seperti protein, vitamin B12, fosfor, zat besi, selenium, asam lemak omega 3 dan juga asam lemak omega 6. 

Ikan lele juga terbukti rendah kalori dan serta mekuri sehingga sangat aman bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan lele ini dapat membantu pertumbuhan serta memperbaiki jaringan otot dan membantu mencegah anemia pada ibu hamil. 

Selain mengkonsumsi ikan, pastikan juga bila ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat lainnya seperti sayuran, buah-buahan, susu dan produk olahannya dan juga kacang-kacangan. Namun bila ibu hamil memiliki kondisi medis tertentu maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan.