Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Menurut Dokter Anak

05 Aug 2020

Setelah pernikahan hal yang paling di dambakan adalah memiliki buah hati, tetapi tahukah bunda jika mengurus anak memiliki tantangan tersendiri, satu diantara yang harus menjadi perhatian adalah memberikan makanan yang bergizi untuk mencukupi nutrisi yang di butuhkan oleh si kecil.

Selain ASI makanan pendamping asi atau MPASI juga harus di berikan kepada si kecil setelah si kecil berusia 6 bulan, lalu bagaimanakah mengatur jadwal makan bayi 6 bulan menurut dokter anak? Yuk simak penjelasanya di artikel ini.

 

Manfaat MPASI Untuk Pertumbuhan Anak


MPASI memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan otak si kecil, memiliki buah hati yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua.

JIka bunda masih bingung dengan jenis MPASI yang ingin di berikan untuk si kecil bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter specialist anak.

Di usia 6 bulan bayi mulai berkenalan dengan rasa baru di lidahnya selain rasa dari ASI, pemberian mpasi Ini juga fungsinya adalah untuk melatih gigi si kecil, dan masih banyak lagi manfaat lainya, di bawah ini adalah 3 manfaat pemberian MPASI untuk anak.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Imunitas tubuh si kecil di bangun tidak dari ASI saja tetapi juga dari MPASI , anak yang memiliki imunitas tubuh yang baik akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang di usia dini.

2. Menguatkan Tulang Anak

Pertumbuhan tulang si kecil di usia 6 bulan ini perlu dukungan nutrisi yang selain akan membuat pertumbuhanya menjadi lebih cepat juga menguatkan tulang si kecil tersebut.

3. Mendukung Pertumbuhan Gigi Anak

Pola yang umum pertumbuhan gigi pada bayi akan terjadi jika bayi berusia 8 bulan, tetapi ada juga yang di usia 9 bulan baru tumbuh giginya.

Dengan asupan MPASI yang baik pertumbuhan gigi anak anak akan menjadi semakin cepat karena nutrisi yang di serap oleh tubuh anak akan mempercepat terjadinya pertumbuhan gigi.

 

 

Panduan atau Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Menurut Dokter Anak


Bagi pasangan muda yang baru memiliki anak tentunya pemahaman tentang bagaimana mengurus dan mencukupi kebutuhan nutrisi anak menjadi satu PR tersendiri.

Dengan membuat jadwal makan untuk si kecil akan memudahkan bunda setiap harinya. Dikutip dari kementrian kesehatan RI.

Pukul 06.00 : Waktu pagi ini adalah waktu dimana si kecil mengonsumsi ASI

Pukul 09.00 : Bunda bisa memberikan sari buah, diatur untuk takaran 125ml MPASI tiap makan

Pukul 12.00 : Waktu ini adalah jadwal si kecil untuk di berikan ASI lagi

Pukul 15.00 : Ini adalah waktu kedua di mana si kecil di berikan MPASI, menu yang paling mudah adalah sari buah dengan takaran 2 sampai 3 sendok makan.

Pukul 18.00 : Waktu pemberian ASI untuk si kecil sampi cukup

Pukul 21.00 : Waktu pemberian ASI untuk si kecil sampi cukup

 

Tips Memperkenalkan Makanan Pada Bayi Selain ASI


Jika sudah menginjak usia di atas 6 bulan sudah waktunya si kecil di perkenalkan dengan makanan selain ASI, bunda bisa mulai memperkenalkan susu formula, sari buah atau bubur bayi.

Pelan pelanlah dalam mengenalkan makan makanan baru ini, bunda jangan memaksa seandainya si kecil menolak, lidah si kecil membtuhkan waktu penyesuaian yang cukup sebelum mengenal rasa baru.

 

Pantangan Dalam Memberikan MPASI



· Jangan Memberikan madu pada anak di bawah 1 tahun karena akan menyebabkan botulisme.

· Jangan memberi potongan buah atau kacang kacangan yang mengharuskan si kecil untuk mengunyahnya, si kecil belum terbiasa atau mahir untuk mengunyah makanan makanan ini.

· Jangan menambahkan perasa makanan kepada MPASI yang akan di berikan kepada si kecil

· Hindari makanan dengan kadar sodium yang tinggi

· Jangan memberi makanan yang berbau amis seperti telur karena pencernaan si kecil yang belum siap bisa menyebabkan si kecil mengalami alergi di kemudian hari.

· Jangan memberikan buah yang memiliki rasa terlalu kuat baik itu buah yang memiliki rasa terlalu manis maupun terlalu asam karena belum siapnya pencernaan si kecil.