Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih

07 Aug 2020

Pemberian asi ekslusif adalah sangat penting untuk si kecil, asi ekslusif adalah pemberian air susu ibu tanpa memberikan makanan pendamping ASI tersebut.

Bagi moms yang sudah pernah menyusui sebelumnya pasti memahami jika memberikan asi ekslusif akan menghindarkan si kecil dari beberapa bahaya yang masuk ke dalam tubuhya, mengingat pencernaan bayi yang masih sangat lemah dan belum memiliki imunitas yang baik.

Lalu kapan bayi boleh minum air putih? Bayi di bawah usia enam bulan jangan di beri minum air putih dulu, tunggulah sampai mereka setidaknya berusia di atas enam bulan, kecuali si kecil dalam suatu kondisi khusus yang mengharuskan ia meminum air putih, untuk lebih detailnya akan di bahas di artikel ini, di baca yah moms sampai selesai.

Pemberian air putih pertama kali pada bayi tidak boleh terlalu banyak, secukupnya saja, karena jika bayi minum air putih terlalu banyak, bisa menyebabkan bayi menjadi kembung atau terlanjur kenyang sehingga tidak mau lagi untuk minum ASI, ataupun susu formula, bagi bayi yang meminum susu formula.

Selain air putih minuman lainya seperti jus buah, kopi maupun the hangat juga jangan di minumkan kepada si kecil selama dalam masa pemberian asi ekslusif.


Resiko yang bisa terjadi jika terlalu banyak memberi air putih kepada bayi.

1. Keracunan Air

Air putih yang di berikan kepada si kecil harus benar-benar steril dan terbebas dari berbagi macam kuman.

Kasus intoksifikasi air yang terjadi karena pada umumnya terlalu banyak memberikan air putih pada bayi, sehingga terjadi keracunan air.

2. Diare

Meminumkan air putih kepada si kecil bisa menyebabkan masalah pada pencernaanya seperti infeksi saluran pencernaan karena air yang di minum tidak benar-benar steril.

Untuk moms yang sedang atau kan memberikan susu formula kepada si kecil pastikan menggunakan air yang di masak dengan suhu 100 derajat celcius untuk menjaga dari adanya kuman, hindari menggunakan air mineral tanpa melalui proses penyeduhan terlebih dahulu, karena air mineral bukanlah air yang mengalami proses penyeduhan sehingga kemungkinan terdapat kuman di dalamnya sangatlah besar.

3. Gizi Buruk

Resiko yang di dapat ketika di masa pemberian asi ekslusif kemudian moms memberikan air putih kepada si kecil biasanya si kecil selanjutnya enggan meminum asi lagi.

Meminumkan susu formula kepada bayi dengan di campur air juga sangat tidak di anjurkan, jika moms ingin memberikan susu formula kepada si kecil sebaiknya berkonsultasi terlabih dahulu dengan dokter, tentang cara terbaik dalam meberikan susu formula dan jenis susu formula yang akan di berikan sesuai dengan kondisi tubuh si kecil.



Kapan Bayi Boleh Meminum Air Putih


Beberapa kondisi mengharuskan bayi harus di beri air putih, di bawah ini adalah pembahasan lengkapnya.

1. Sudah Mengonsumsi MPASI

Setelah lebih kurangnya bayi berusia sekitar 6 bulan, si kecil sudah bisa mengonsumsi MPASI, walaupun beberapa ahli berpendapat sebaiknya memberikan makanan padat setelah si kecil berusia 1 tahun, di masa sudah boleh mengonsumsi MPASI inilah si kecil boleh di minumkan air putih.

2. Dalam Kondisi Kehausan

Setelah berusia 6 bulan lebih si kecil boleh di beri minum air putih jika mengalami kehausan tetapi pastikan tidak lebih dari 8 sendok makan.

3. Dehidrasi

Jika si kecil mengalami sakit tertentu seperti demam yang di sertai muntah dan diare biasanya dokter

Akan memberi resep ntuk memberi minuman elektrolit yang di buat khusus untuk bayi, minuman ini berfungsi untuk membuat si kecil tidak kekurangan cairan di dalam tubuhnya, di masa sakit seperti ini dokter juga biasanya akan membolehkan untuk memberikan air putih kepada si kecil.

Ingat yah moms untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan tertentu, moms bisa aktif membaca dan berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan perawatan terbaik untuk si kecil agar si kecil mendapatkan yang terbaik selama masa tumbuh kembanganya.