Kenaikan Berat Badan Bayi Normal

19 Aug 2020

Sejak si kecil lahir di dunia, kenaikan berat badan bayi normal merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian utama bagi para orang tua. Hal ini terjadi karena kenaikan berat badan bayi dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan tumbuh kembang si kecil.

Kenaikan berat badan bayi normal menurut KMS atau kartu menuju sehat dapat dijadikan sebagai bahan acuan para orang tua untuk memantau kenaikan berat badan si kecil apakah sudah ideal atau belum. Setelah beberapa hari bayi lahir biasanya berat badan bayi akan mengalami penurunan sekitar lima sampai sepuluh persen dari berat badan bayi ketika baru lahir.

Hal seperti ini sangat normal terjadi karena bayi mengalami kehilangan cairan ketika dilahirkan serta asupan ASI atau air susu ibu pada hari pertama belum maksimal.

Maka dari itu berat badan bayi menjadi tidak ideal tetapi juga tidak dapat segera naik dengan cepat. Namun jangan terlalu khawatir karena nanti di hari ke empat belas berat badan bayi akan mengalami kenaikan seiring air susu ibu yang semakin melimpah.


Pertumbuhan Kenaikan Berat Badan Bayi Normal

Ketika orang tua membawa si kecil untuk mengkontrol atau bayi akan imunisasi, maka dokter anak atau bidan akan menimbang berat badan bayi dan akan mencatatnya di dalam buku KMS untuk memantau pertumbuhan tumbuh kembang anak.

Kenaikan berat badan bayi normal biasanya akan naik 170 – 220 gram dalam satu minggu dan atau 450 – 900 gram dalam satu bulan selama beberapa bulan pertamanya. Adapun perkiraan perubahan kenaikan berat badan bayi normal ialah sebagai berikut:


  • Ketika usia bayi masih beberapa hari maka berat badan bayi akan turun lima sampai sepuluh persen dan dapat naik kembali dalam dua sampai tiga minggu kemudian.


  • Ketika usia si kecil memasuki usia empat sampai enam bulan maka berat badan bayi akan meningkat dua kali dari saat berat badan bayi lahir dan akan menjadi tiga kali lipat ketika usia si kecil mencapai dua belas bulan.


  • Dengan seiring meningkatnya berat badan si kecil, panjang badan pun juga akan mengalami pertumbuhan sebesar satu setengah kali panjang ketika lahir.


Kenaikan berat badan bayi normal akan sesuai dengan pertambahan usia si kecil. Pertambahan berat badan bayi normal akan dihitung setiap bulannya dari berat ketika bayi dilahirkan. Berikut beberapa pertambahan kenaikan berat badan bayi normal sesuai dengan usianya:


  • Usia 1 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 800 gram
  • Usia 2 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 900 gram
  • Usia 3 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 800 gram
  • Usia 4 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 600 gram
  • Usia 5 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 500 gram
  • Usia 6 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 400 gram
  • Usia 7 - 17 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 300 gram
  • Usia 18 - 24 bulan pertambahan kenaikan berat badan bayi normal minimal akan 200 gram


Tips Menaikan Berat Badan Bayi

Normalnya, bayi akan mengalami kenaikan berat badan dalam setiap bulannya bila berat badan bayi tidak naik sebagaimana mestinya bisa dikatakan bila si kecil mengalami gagal tumbuh.

Bisa dikatakan bahwa bayi mengalami gagaltumbuh bila berat badan bayi jauh lebih rendah dari pada berat badan normal bayi lainnya yang sama dengan usianya serta berdasarkan dari grafk KMS.

Bayi tidak mengalami kenaikan berat badan bisa karena bayi tidak mendapatkan nutrisi yang cukup atau bayi menderita penyakit tertentu. Dalam menaikkan berat badan bayi serta menunjang peningkatan berat badan bayi menjadi normal, orang tua dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:


  • Memberikan susu sesering mungkin sebelum si kecil merasa ngantuk dan lelah dengan tujuan agar si kecil dapat menyusu lebih optimal.
  • Mencoba menyusui bayi di tempat yang nyaman dan dalam pikiran tenang agar tubuh dapat memproduksi ASI dengan lebih baik lagi.
  • Bila usia bayi sudah memasuki usia enam bulan maka dapat memulai MPASI, menu nya dapat ditambahkan dengan makanan yang mengandung kalori seperti ikan, telur, daging, kentang, alpukat atau keju.