Manfaat Jus Bayam Mentah

29 Jul 2020


Dari pada merebus, menggoreng atau mengukus sayuran bayam, ternyata sayuran bayam dan sayuran yang memiliki warna hijau gelap lainnya paling bermanfaat bila di olah menjadi sebuah jus.

Banyak para peneliti yang mengatakan bila beberapa sayuran akan lebih bermanfaat bila dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti bayam, brokoli dan kol.

Dalam mempertahankan kandungan nitrat baik yang ada di dalam sayur bayam dapat dikonsumsi secara mentah seperti dibuat salad atau jus.

Sayur bayam merupakan termasuk dalam sayur yang kaya kalsium dan juga tinggi oksalat.

Oksalat inilah yang dapat menghambat aksesibilitas kalsium, bila sayur bayam dimasak terlebih dahulu kadar oksalat dapat berkurang.

Bukan hanya itu saja para peneliti juga mengatakan sayur bayam dapat kehilangan sebagian besar nutrisi dan senyawa alami nya bila dipanaskan.

Maka dari itu banyak peneliti menemukan bahwa sayuran hijau berwarna hijau gelap seperti bayam ini bila dikonsumsi dalam bentuk jus merupakan cara terbaik dalam memaksimalkan manfaat, terlebih bila ingin mendapatkan antioksidan lutein.

Lutein sendiri merupakan pigmen yang larut dalam lemak alami dan ditemukan pada tanaman khususnya sayuran yang berwarna hijau gelap.

Sayur bayam sendiri rendah karbohidrat dan tinggi serat yang memiliki manfaat baik untuk pencernaan. Di dalam sayur bayam ini juga mengandung tinggi vitamin, mineral dan senyawa alami.

Senyawa alami yang ada dalam bayam ini di antaranya ada nitrat, kaempferol, quercetin, zeaxanthin dan lutein dimana dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Kandungan lutein sendiri telah terbukti bermanfaat dalam membantu meningkatkan kesehatan mata dan juga membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Bukan hanya itu saja lutein juga dipercaya sebagai pencegah sekaligus penyembuh degenerasi makula dan katarak dimana dua penyakit tersebut merupakan penyakit utama penyebab kebutaan pada mata.


artikel terkait : review minyak telon habbie


Manfaat Jus Bayam Mentah Untuk Kesehatan Tubuh



Sayuran bayam sudah bukan rahasia lagi bila memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat jus bayam mentah untuk kesehatan tubuh:


Tinggi Akan Antioksidan

Mengkonsumsi jus bayam setiap hari dapat memberi asupan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Secara khusus bayam merupakan sumber antioksidan lutein, beta karoten, asam coumaric, violaxanthin dan asam ferulat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan ini dapat membantu menetralkan radikal bebas sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan penyakit kronis.

Sebuah penelitian menyatakan seseorang yang mengkonsumsi jus bayam sebanyak 240 ml dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif pada DNA.


Menyehatkan Mata

Jus bayam mengandung lutein dan zeaxanthin dimana dua antioksidan yang diperlukan untuk membantu penglihatan.

Senyawa ini juga membantu melindungi tubuh terhadap degenerasi makula terkait usia.

Jus bayam juga menyediakan sekitar enam puluh tiga persen dari nilai harian untuk vitamin A. Kekurangan vitamin A ini dapat menyebabkan mata kering dan kebutaan malam.


Mencegah Kanker

Antioksidan yang kuat dalam jus bayam dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Walaupun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, para peneliti menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang ada di dalam bayam dapat membantu memerangi pertumbuhan sel kanker.

Mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus dan kanker prostat.


Menurunkan Tekanan Darah

Di dalam satu gelas jus bayam kaya akan nitrat, dimana nitrat ini merupakan senyawa yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah.

Efek ini dapat menurunkan tekanan darah serta dapat memperlancar aliran darah. Bukan hanya itu saja, di dalam satu cangkir jus bayam juga mengandung lebib dari empat belas persen nilai harian untuk kalium.

Mineral ini terlibat dalam mengatur tekanan darah dengan mengontrol jumlah natrium yang dikeluarkan melalui urin.


Menyehatkan Kulit

Vitamin dan antioksidan yang ada di dalam jus bayam ini memiliki peran penting dalam mendukung kulit yang sehat dan bercahaya.

Jus bayam juga merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin A dalam jus bayam ini juga dapat membantu mengatur pembentukan sel kulit. Sementara vitamin C dalam jus bayam ini merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C juga dapat membantu mensintesis kolagen, protein jaringan ikat yang dapat mempromosikan penyembuhan luka dan elastisitas kulit.


Menyehatkan Tulang

Di dalam bayam kaya akan kalsium dimana sangat penting untuk kekuatan tulang.

Salah satu jenis mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan molekul pemberi sinyal penting bagi sistem sarat, jantung dan otot.

Vitamin K dalam jus bayam juga membantu mencegah osteoporosis secara efektif.


Mencegah Anemia

Kadar zat besi yang ada di dalam jus bayam ini cukup tinggi dan memastikan pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

Dengan tingkat kandungan nutrisi yang tinggi dalam bayam ini dapat membantu dalam pembuatan sel darah merah.

Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab dari anemia. Vitamin C dalam bayam juga membantu mendukung penyerapan zat besi secara efektif.