Manfaat Media Sosial Bagi Ibu Rumah Tangga

07 Jul 2020

Media sosial merupakan kanal yang paling popular di berbagai belahan dunia sekarang ini. Dari anak anak hingga orang dewasa, laki laki maupun perempuan sangat akrab dengan facebook, twitter, instagram dan youtube.

Media sosial bisa membuat orang betah berjam jam menghabiskan waktu untuk melihat isi status atau postingan foto orang lain.

Rasanya sebutan kalau ibu rumah tangga itu gagap terhadap teknologi rasanya sudah tidak relevan lagi. Generasi milenial yang sudah menjadi ibu rumah tangga sangat akrab dengan dunia internet, terutama media sosial .

Bahkan ada beberapa orang yang sangat kecanduan dengan media sosial sehingga sangat sulit untuk melepaskan ketergantunganya dari sehari saja tidak membuka media sosial .

Media sosial jika di gunakan dengan bijak akan bisa memberikan manfaat bagi para ibu, tidak hanya untuk update status atau ngobrol dengan kawan lama tetapi bisa juga di manfaatkan untuk hal hal lain yang lebih bermanfaat.


Cara Menggunakan Media sosial Dengan Bijak Untuk Para Ibu

Media sosial bisa menjadi media yang bermafaat asalkan tahu cara menggunakanya, berikut ini kami berikan tip-tips untuk bijak menggunakan media sosial .

1. Berhati – Hati Dalam Memberikan Komentar Di Postingan Orang Lain

Banyak sekali kasus seseorang di laporkan ke pihak yang berwajib karena berkomentar sembarangan dalam sebuah postingan. Moms tentunya tidak ingin hal ini terjadi pada diri dan keluarga bukan? Sebaiknya hindari ikut nimbrung di perdebatan politik maupun agama karena biasanya perdebatan seperti ini berubah menjadi saling menjelekan dan saling melaporkan. Energi moms tentunya akan terbuang karena hal hal seperti ini.

2. Jangan Posting Hal Hal Pribadi

Moms harus memfilter mana yang bisa di posting di media sosial dan mana yang tidak, seperti masalah pilihan politik maupun keyakinan pribadi.

3. Jangan Memposting Foto Si Kecil di Media Sosial

Moms mungkin menganggap bahwa memosting foto anak di media social adalah hal yang wajar, semua orang juga melakukanya, bukankah begitu yang ada di pikiran moms?

Tahukah moms jika foto foto si kecil yang berada di media social bisa mempengaruhi mentalnya ketika tumbuh dewasa.

Ada beberapa kasus di luar negeri yang menjadi viral yaitu anak menuntut orang tuanya di karenakan setiap momen pertumbuhanya ada di media social.

Hal ini menjadi sebuah indikasi bahwa tidak semua anak ketika ia tumbuh dewasa nyaman dengan fakta bahwa kehidupanya bisa di temukan di media sosial dengan mudah dan menjadi konsumsi banyak orang.

Sebaiknya bagikan momen momen special si kecil bersama keluarga terdekat saja.

4.Sadar Prioritas

Media sosial bisa membuat orang menjadi sangat kecanduaan melupakan kewajiban maupun pekerjaan yang seharusnya di selesaikan. Matikan gadget jika moms sedang menghabiskan waktu bersama si kecil, kecanduan gadget dan media sosial tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa tetapi juga kepada si kecil.

Banyak konten media sosial terutama gambar dan video yang tidak ramah dengan anak anak. Pastikan si kecil aman dari efek negative ini.

5. Jangan Membandingkan Kehidupan Pribadi dengan Pengguna Media sosial Lainya

Melihat status atau postingan gfoto orang lain dapat menimbulkan rasa iri dan membandingkan dengan keadaan diri sendiri, padahal yang terjadi di media sosial belum tentu sepenuhnya benar. Tetapi otak orang yang melihat postingan tersebut akan berasumsi macam-macam, nah hal inilah yang menjadi tidak sehat untuk mejaga kesehatan mental diri.

Anggaplah media social itu sebagai hiburan semata saja untuk menghindari hal hal yang merusak kesehatan mental moms

6.Gunakan Media sosial Untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Bagi moms yang tinggal di rumah seharian artinya moms tidak bekerja dan menjadi ibu rumah tangga total, hal yang sering menjadi masalah adalah perasaan bosan karena seharian di rumah, yang menjadi pelarian paling gampang di kala rasa bosan melanda adalah membuka media sosial .

Sebenarnya media sosial adalah media yang efektif untuk mencari penghasilan tambahan untuk moms yang tidak bekerja.

Moms bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan online baik iu menjual produk sendiri maupun menjualkan produk orang lain.

Moms bisa memulai dengan menjual produk produk yang berkaitan dengan dunia moms sehari hari, seperti kosmetik, baju anak maupun produk anak anak maupun produk kebutuhan wanita lainya.