Penyebab Mata Kuning Pada Bayi Baru Lahir

10 Sep 2020

Akan ada berbagai masalah kesehatan yang akan dihadapi oleh bayi yang baru lahir termasuk salah satunya ialah mata bayi kuning. Kondisi yang seperti ini bukan hanya terjadi pada mata namun juga dapat terjadi pada kulit bayi.

Semua itu dapat terjadi karena disebabkan oleh adanya kadar bilirubin dalam darah yang tinggi.

Bilirubin ini merupakan pigmen berwarna kuning yang dihasilkan dari hasil pemecahan sel darah merah. Namun untuk mengetahui lebih lanjut dari penyebab mata kuning pada bayi baru lahir ini akan di jelaskan dibawah ini.


Penyebab Mata Kuning Pada Bayi Baru Lahir


Pertama-tama bunda dapat memperhatikan sklera atau bagian putih pada bola mata bayi, apakah warna putih nya jernih atau agak malah agak kekuningan?

Bila si kecil mengalami kondisi seperti mata kuning ini maka harus waspada dan sebaiknya segera periksakan bayi ke dokter anak, karena sklera yang kuning atau sclera icterus ini merupakan sebuah pertanda bahwa adanya suatu penyakit tertentu maka dari itu janganlah dianggap remeh. Berikut beberapa penyebab mata kuning pada bayi baru lahir:


· Kadar Bilirubin Yang Tinggi

Bayi yang baru lahir hingga berusia dua belas hari biasanya akan mengalami kuning atau jaudince karena kadar bilirubin yang ada di dalam darah tinggi. Penyakit kuning ini dapat tampak di seluruh tubuh namun bagian sklera mata akan sangat terlihat jelas karena warna dasarnya yang putih.

Bilirubin sendiri merupakan senyawa berwarna kuning yang dihasilkan dari proses pemecahan hemoglobin di dalam darah. Penumpukan bilirubin inilah yang dapat membuat kerusakan hati atau gagal hati.

Menurut peneliti bila bilirubin dalam aliran darah terlalu tinggi dapat membuat bilirubin menjadi bocor ke jaringan di sekitarnya seperti daerah kulit dan mata dengan begitu dapat menyebabkan mata menjadi kuning.


·Sirosis Hati

Hati merupakan organ yang sangat kuat dan mampu dalam meregenerasi sel yang rusak. Sementara sirosis dapat berkembang ketika beberapa faktor yang merusak hati seperti terinfeksi virus yang kronis sehingga membuat hati menjadi terluka.

Dengan keadaan hati yang terluka ini membuat hati tidak berfungsi dengan baik sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan sirosis dimana kondisi ini dapat membuat mata bayi berubah menjadi kuning.

Para ahli juga menyatakan bahwa sirosis ini dapat menyebabkan hati menyusut serta mengeras. Hal inilah yang membuat darah yang kaya akan nutrisi sulit untuk mengalir ke hati dari vena porta.

Di vena porta ini membawa darah dari organ pencernaan menuju ke organ hati. Ketika tekanan di vena porta meningkat membuat darah menjadi tidak dapat masuk ke dalam hati sehingga kondisi akhir dari penyakit ini menjadi kondisi serius yang sering disebut dengan hipertensi portal.


· Kelainan Darah

Penyebab dari sklera mata bayi menjadi berwarna kuning mungkin karena dari kelainan darah yang dapat menyebabkan sel darah merah menjadi gampang pecah. Pecahnya sel darah merah dapat memicu pemecahan hemoglobin hingga menjadi heme dan globin. Heme inilah yang berubah menjadi bilirubin.

Pembentukan bilirubin inilah yang dapat menyebabkan terjadinya mata kuning pada bayi. Namun selain karena kelainan pada sel darah merah, permasalahan lain yang ada pada darah yang dapat memicu mata kuning karena anemia hemolitik dan kondisi anemia sel sabit.


· Ikterus Obstruksi

Ikterus obstruksi merupakan sumbatan di saluran empedu yang menuju ke usus halus. Ikterus obstruksi ini dapat menyebabkan pembengkakan organ hati, radang dan juga kuning pada kulit.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa potongan-potongan material yang keras seperti kerikil dapat terbentuk di kantong empedu, bila saluran empedu tersumbat batu empedu maka menyebabkan bilirubin menumpuk di darah sehingga dapat menyebabkan mata menjadi menguning.

Sementara itu batu empedu dapat disebabkan karena gen, berat badan, penurunan gerakan kantong empedu serta kadar bilirubin yang tinggi membuat kantung emepdu tidak mampu mengosongkan diri dengan baik.


· Pankreatitis

Salah satu penyebab mata kuning pada bayi baru lahir ialah karena adanya penyakit pankreatitis atau sering disebut dengan radang pankreas. Penyakit pankreatitis ini merupakan keadaan terinfeksinya pada area pankreas yang dapat menyebabkan pankreas menjadi membengkak dan mengalami nyeri pada perut