Mengajarkan Beladiri Ke Si Kecil

18 Nov 2020

Baru-baru ini marak sekali aksi kejahatan yang terjadi pada anak dimana dapat membuat para orang tua menjadi merasa was-was. Contohnya seperti membully, pelecehan seksual, penculikan anak dan juga pemerkosaan. Berbagai kejahatan tersebut membuat para orang tua khususnya para bunda-bunda merasa ingin mengawal si kecil dua puluh empat jam satu hari dan ingin mengikuti kemana pun si kecil pergi.

Namun pada kenyataannya tidak mungkin akan begitu kan? Maka dari itu salah satu solusi yang dapat para orang tua pikirkan ialah dengan mengeleskan si kecil dengan kursus bela diri.

Memberikan si kecil les beladiri ini tidak bermaksud untuk si kecil menjadi jagoan namun memiliki manfaat dalam kemampuan untuk membela diri serta melindungi diri dari segala bentuk kejahatan yang dapat mengancam diri. Olahraga beladiri merupakan olahraga yang sebaiknya telah ditanamkan kepada si kecil sejak dini.


Beberapa Macam Olahraga Beladiri Yang Dapat Diajarkan Ke Si Kecil

Ada beberapa macam dalam mengajarkan si kecil beladiri, berikut beberapa macam olahraga beladiri:

Tae Kwon Do

Tae kwon do ini berasal dari negara Korea yang menjadi salah satu seni beladiri yang sangat populer. Beladiri tae kwon do sendiri merupakan seni bela diri yang melibatkan dengan lompatan, pukulan dan juga tendangan.

Dalam melakukan olahraga tae kwon do memiliki sikap disiplin serta kompetitif sangat dibutuhkan dalam latihan tae kwon do. Bila si kecil merupakan anak yang sangat kompetitif maka cobalah untuk memasukan si kecil ke kelas tae kwon do.

Karate

Karate merupakan seni bela diri yang paling banyak dipilih dan digunakan. Di dalam olahraga karate, tidak ada senjata yang terlibat karena olahraga karate fokus kepada latihan seluruh tubuh. Kelas karate ini dapat mengajarkan bahwa seni bela diri yang masih sangat tradisional ini merupa seni bela diri sebagai cara hidup dan bukan untuk melawan lawan.

Kelas karate akan sangat cocok untuk si kecil yang sangat aktif dalam menggunakan tangan dan juga kakinya. Gerakan dari karate ini banyak menggunakan tendangan serta pukulan.

Selain itu si kecil juga akan diajarkan dasar dari keseimbangan. Dalam olahraga karate biasanya juga selalu diselipkan dengan sebuah pelajaran moral yang berguna dalam menumbuhkan dedikasi serta prinsip nilai hidup.

Jujitsu

Bila si kecil memiliki badan yang kecil dan tidak percaya diri maka sebaiknya orang tua perlu mengenalkan olahraga beladiri jenis jujitsu ini. Filosofi dari olahraga jujitsu ini akan lebih ke bagaimana cara menghadapi seorang lawan yang lebih besar serta kuat bila si kecil lebih kecil, lebih lambat dan juga lebih lemah.

Selain dapat membantu si kecil menjadi percaya diri, olahraga jujitsu juga dapat membantu si kecil dalam mengarahkan seluruh kemampuan si kecil dalam menjalani aktivitasnya. Dengan seperti ini si kecil dapat yakin dalam melakukan hal yang sebelumnya tidak dapat si kecil lakukan.

Judo

Dalam olahraga judo, si kecil akan diajarkan dengan mengedepankan prinsip, kekuatan, ketangguhan, stamina, rasa percaya diri dan juga nilai disiplin. Olahraga judo sendirijuga mengajarkan si kecil dalam mengendalikan diri dan juga menghormati lawan si kecil.

Tidak heran bahwa kebanyakan pelajaran olahraga judo akan lebih ke seni bertahan diri hingga memaksa lawan agar menyerah. Didalam olahraga judo sendiri biasanya ada sebuah hirarki dimana dapat membuat si kecil menjadi terpacu dalam agar naik ranking menjadi lebih tinggi dengan sesuai kemampuan si kecil.

Dibandingkan dari pada bermain gadget dan game online lebih baik mengenalkan si kecil ke les olahraga judo.


Manfaat Mengajarkan Si Kecil Beladiri

Setelah mengetahui berbagai macam jenis olahraga beladiri ke si kecil, selanjutnya kita akan mengetahui berbagai macam manfaat mengajarkan si kecil beladiri. Berikut beberapa manfaat mengajarkan si kecil beladiri: 

  • Si kecil menjadi belajar dalam memiliki rasa percaya diri dan juga rasa hormat
  • Si kecil akan memiliki skill kepemimpinan sejak kecil
  • Si kecil memiliki rasa disiplin yang tinggi karena telah tertanamkan sejak mengikuti latihan beladiri
  • Kesehatan fisik dan juga pikiran si kecil akan menjadi lebih baik
  • Mental si kecil akan menjadi lebih tahan banting
  • Si kecil menjadi belajar bagaimana cara berkerja sama
  • Si kecil akan menjadi lebih aman bila telah mengetahui dasar dari bela diri 


Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More