Menstruasi Adalah Hal yang Harus di Hadapi Oleh Perempuan Setiap Bulan, Baca Ciri Cirinya disini

23 Dec 2020

Bagi perempuan yang sudah dewasa, menstruasi atau haid menjadi rutinitas yang tidak bisa terlepas darinya. Perempuan tentu saja akan mengalami pada tiap bulan kedatangan tamu yang biasanya sebelum terjadi muncul beberapa hal yang bisa menjadi penandanya. Ciri-ciri haid akan datang tentu saja bisa dirasakan beberapa hari sebelum datang bulan tiba.

Siklus alami yang dialami para perempuan ini tentu saja bisa datang kapan saja karena memang memprediksi datangnya haid bisa meleset dari yang diperkirakan. Oleh karena itu para wanita biasanya akan mencari tahu bagaimana haid bisa datang. Sebetulnya para perempuan bisa mengetahui ciri haid akan datang dengan cara berikut ini:


artikel terkait : obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan


Muncul Tanda Kram Perut

Bagi para perempuan yang akan mengalami tanda-tanda haid akan datang biasanya yang paling awal muncul atau dirasakan adalah adanya kram perut walapun tidak begitu tajam.

Kram perut saat akan menjelang haid memang umum terjadi sehingga akan muncul dalam beberapa hari sebelum haid datang. Biasanya yang dirasakan adalah rasa nyeri dari ringan hingga berat.

Muncul Jerawat Di Tubuh

Nah, tanda kedua ini yang paling tidak disukai oleh para perempuan. Walaupun tidak semua perempuan akan mengalami jerawat saat menjelang haid namun kebanyakan dari para perempuan akan terjadi.

Tidak hanya di wajah saja jerawat akan muncul, sebab bisa terjadi di bagian punggung dan bagian tubuh yang lain. Ini dikarenakan adanya perubahan hormon menjelang haid. Biasanya akan menimbulkan produksi minyak di tubuh lebih banyak.

Perubahan Pada Payudara

Menjelang haid akan datang umumnya bagian payudara perempuan akan mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan hormon prolaktin yang ada pada tubuh perempuan akan meningkat.

Biasanya menjelang haid payudara akan terasa lebih padat dan kencangari biasanya. Pada ibu hamil biasanya nyeri yang terjadi bisa melebihi 1-2 minggu menjelang haid akan datang. Tergantung kondisi tubuh masing-masing perempuan.

Mood Atau Suasana Hati Berubah-Ubah

Bagi para perempuan yang akan mengalami tanda haid akan datang adalah adanya perubahan suasana hati yang cukup signifikan. Itulah sebabnya banyak perempuan akan sangat sesnsitif perasaannya ketika menjelang haid.


Perubahan suasana hati disebabkan oleh adanya hormon progesteron dan estrogen yang mengalami perubahan. Yang kemudian dapat menyebabkan para perempuan lebih sensitif, cemas berlebih, mudah tersinggung, menangis tiba-tiba dan uring-uringan sendiri.

Mengalami Sakit Kepala

Kadar estrogen yang meningkat kala menjelang haid secara alamiah memang wajar terjadi sehingga mengakibatkan hormon serotonin pada otak akan terganggu.

Jadi ketika sakit kepala terjadi saat menjelang haid jangan panik ya, karena memang wajar terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan karena akan sembuh dengan sendirinya setelah haid. Sakit kepala seperti migrain bisa menjadi tanda-tanda atau ciri haid akan datang.

Kelelahan Dan Kesulitan Tidur

Bagi para perempuan, menjelang haid biasanya akan lebih gampang lelah dan kesulitan tidur. karena kadar hormon progesteron dalam tubuh perempuan meningkat sehingga menyebabkan para perempuan mengalami kelelahan dan kesulitan tidur. Namun tidak perlu khawatir karena hal ini akan berlalu dengan sendiri seiring haid berakhir.

Mengalami Perut Kembung

Ciri-ciri haid akan datang lainnya adalah perut menjadi kembung. Hal ini wajar terjadi pada perempuan yang akan kedatangan tamu bulanan.

Terjadinya perubahan hormon dalam tubuh perempuan yang kemudian mengakibatkan terjadinya air dan garam tertahan. Yang kemudian terjadilah perut kembung pada perempuan menjelang menstruasi.

Perubahan Mood Makan

Hal yang satu ini tentu saja tidak akan disangkal oleh kebanyakan perempuan yang akan menerima tamu bulanan. Mood makan perempuan menjelang beberapa hari sebelum menstruasi memang akan mengalami perubahan yang sangat tajam.

Pasalnya mereka akan lebih mudah lapar dan menginginkan makanan-makanan tertentu menjelang haid bisa dikatakan seperti ngidam. Namun beberapa perempuan akan mengalami penurunan nafsu makan setelah haid terjadi.

Nah, itulah yang menjadi ciri-ciri haid akan datang pada perempuan pada umumnya. Mungkin masih banyak lagi yang bisa terjadi pada perempuan yang akan menghadapi menstruasi bulanannya yang tidak bisa disebutkan satu persatu di atas.

Biasanya juga bergantung pada kondisi perempuan dan keadaan sekitarnya yang dapat menjadi pengaruh besar dalam mempengaruhi perubahan-perubahan menjelang menstruasi atau haid ini. Semoga membantu ya!

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More