Menu MPASI 6 Bulan

10 Jul 2020

Sehabis memberikan ASI eksklusif selama enam bulan, sekarang saat nya para orang tua untuk memberikan si kecil makanan pendamping ASI (MPASI). Sebelum memulai MPASI sebaiknya para orang tua mengetahui terlebih dahulu menu MPASI 6 bulan pertama yang baik untuk si kecil.

Ada beberapa pihak yang menyatakan bila menu MPASI 6 bulan pertama ialah menu 4 bintang, dimana menu makanan ini mengandung 4 unsur zat gizi seperti protein nabati, protein hewani, karbohidrat dan juga sayuran.

Namun ada juga yang menyatakan bila menu pertama bayi lebih baik makanan menu tunggal seperti buah buah an atau sayuran saja. Cara ini dilakukan untuk membantu mengidentifikasi apakah si kecil memiliki alergi makanan atau tidak.

Pada usia bayi yang memasuki usia 6 bulan ini, si kecil sudah dapat menutup mulut bila diberikan sendok dan dapat menggerakkan makanan dari beberapa arah seperti dari arah depan ke belakang mulut dengan menggunakan lidahnya.

Di usia ini pun saluran pencernaan si kecil semakin berkembang baik walaupun masih tetap membutuhkan ASI sebagai sumber kalori si kecil juga sangat membutuhkan nutrisi tambahan yang tidak ada di dalam ASI dalam melengkapi proses tumbuh kembang si kecil seperti zat besi.

Dengan begitu saat seperti ini lah merupakan waktu yang tepat dalam memberikan MPASI ke si kecil. Berikut beberapa menu MPASI 6 bulan si kecil yang dapat diberikan oleh para orang tua untuk si buah hati yang sangat dicintainya:


1. Apple Stew Dengan Cinnamon

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan menu MPASI 6 bulan untuk si kecil ialah 1 buah apel, air dan bubuk kayu manis secukupnya.

Untuk cara pembuatan nya pun cukup mudah hanya dengan mengukus irisan apel yang telah di kupas, di potong dan dibersihkan, lalu haluskan apel yang sudah dikukus dengan menggunakan blender, bila sudah halus apel dapat di saring dengan alat penyaring yang memiliki lubang kecil.

Setelah di saring dengan halus, tambahkan sejumput bubuk kayu manis lalu aduk dengan rata dan dapat di berikan kepada si kecil.


2. Puree Pisang Dan Alpukat

Bahan dalam pembuatan menu MPASI 6 bulan ini sangat gampang hanya dengan satu buah pisang, satu buah alpukat dan ASI atau susu formula secukupnya.

Cara membuat menu MPASI 6 bulan ini juga sangat mudah dimulai dari membersihkan pisang dan alpukat, lalu kupas dan keruk buah pisang dan alpukat nya serta pastikan ambil bagian daging nya saja.

Setelah itu blender secara terpisah antara buah pisang dan buah alpukat jika sudah campur antara buah pisang dan buah alpukat hingga rata dan selesai.


3. Puree Bayam Dan Jagung Manis

Dalam pembuatan menu MPASI 6 bulan selanjutnya juga gampang dengan bahan hanya satu buah jagung manis, beberapa lembar daun bayam dan juga 5 sdm air matang.

Cara membuat menu MPASI 6 bulan ini juga tidak begitu sulit langkah awal sepert biasa mencuci bersih jagung dan bayam, setelah itu rebus jagung manis sampai empuk hingga mengeluarkan aroma wangi lalu dapat di serut ataupun diparut.

Untuk bayamnya nya sendiri rebus dalam air mendidih dengan api kecil sekitar sepuluh menit sehabis itu campurkan jagung dan bayam dan masukan 5 sdm air matang lalu di blender sampai halus.

Setelah di blender sampai halus saring sampai tidak ada serat kasar yang tersisa dan selesai dapat diberikan kepada si keci.


4. Puree Nasi Kentang Dan Wortel

Bahan dari pembuatan menu MPASI 6 bulan ini ialah 5 sdm nasi putih, 1 batang sledri, 1 buah wortel, 1 buah kentang dan ASI atau susu formula secukupnya.

Cara membuatnya ialah mencuci bersih wortel, kentang dan sledri secara bersih, masak nasi putih hingga menjadi bubur dan dapat ditambahkan sledri.

Sedangkan wortel dan kentang dikukus sampai empuk. Setelah matang saring bubur, kentang dan wortel lalu campurkan semua bahan tersebut dengan ASI atau susu formula dan aduk hingga rata.


5. Nasi Tim Ikan Dori

Bahan yang dibutuhkan ialah 1 ruas jari ikan dori, 1 genggam beras putih, 3 iris bawang bombay, jahe, sledri dan air.

Dalam pembuatan nasi tim ikan dori ini yang pertama ialah rebus air dan masak beras putih, aduk hingga nasi setengah lembek.

Setelah itu masukkan ikan dori, bawang bombay yang telah dicincang dan jahe yang bermanfaat untuk menghilangkan amis pada ikan.

Semua bahan tersebut di aduk hingga beras menjadi bubur ikan dan telah tercampur dengan rata.

Masukkan sledri untuk menambah aroma dan aduk hingga kekentalan bubur dirasa sudah pas. Diamkan sampai setengah dingin lalu di saring dan selesai dapat diberikan kepada si kecil.