Beberapa Pilihan Obat Kolesterol Alami Buah dan Sayuran yang Baik untuk Dikonsumsi

23 Dec 2020

Beberapa daftar bahan makanan memang bisa menjadi obat alami untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Apa saja bahan makanan itu? Ada buah dan sayuran yang mampu membantu kolesterol tinggi pada tubuh turun tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Obat kolesterol alami buah dan sayuran memang dipercaya sejak dulu khasiat serta manfaatnya pada tubuh. Selain kaya serat yang baik untuk pencernaan, buah dan sayuran menyimpan banyak rahasia baik yang terkandung di dalamnya.

Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut manfaat buah dan sayuran, kita harus tahu apa saja manfaat baik dari mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan, sehingga kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengganggu kinerja organ tubuh menjadi tidak lancar.

Sayuran dan buah mengandung banyak air yang bagus untuk tubuh, tidak hanya itu saja, vitamin yang terkandung pada buah maupun sayuran bagus untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Walaupun tubuh tetap membutuhkan kolesterol agar sel-sel dalam tubuh terbentuk dengan baik amun kelebihan kolesterol hanya akan memperburuk kondisi tubuh kita karena hanya akan menyebabkan penimbunan plak dalam pembuluh darah.

Kolesterol tinggi juga hanya akan membuat tubuh menjadi tidak sehat karena berbagai macam penyakit berat bermunculan seperti jantung atau stroke.

Maka jika kolesterol tinggi terjadi sebaiknya perbaiki pola makan dengan segera. Tidak hanya pola makan saja yang perlu diperbaiki naum juga gaya hidup yang tidak sehat harus segera dirubah.

Karena kita hidup di era yang menyuguhkan berbagai kemudahan dan berbagai macam makanan cepat saji sehingga membuat kita malas atau enggan menerapkan gaya hidup sehat tidak heran jika kita mudah jatuh sakit. Berikut ini ada beberapa pilihan obat kolesterol alami buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi:


artikel terkait : obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan


Obat Kolesterol Alami Buah dan Sayuran


Berbagai Macam Sayuran Dan Kacang-Kacangan Hijau

Sayuran yang bagus dalam mengatasi kolesterol tinggi adalah sayuran hijau. Adapun sayuran hijau tersebut antara lain adalah bayam, kangkung, kacang panjang, kale, wortel dan arugula.

Penelitian menyebutkan bahwa sayuran hijau itu bisa mengikat zat asam empedu pada kolesterol sehingga mencegah akumulasi kolesterol tinggi dalam darah terjadi.

Berbagai Macam Buah-Buahan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah-buahan banyak mengandung manfaat baik yang bisa membuat tubu terlihat lebih segar dan cerah. Kandungan vitamin dalam buah tidak hanya menyegarkan tubuh saja namun juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Buah-buahan yang membantu menurunkan kadar kolesterol antara lain adalah jeruk, alpukat, pisang, anggur, berries dan apel. Banyak mengkonsumsi buah-buahan tersebut setip hari dapat membuat tubuh kita terhindar dari kolesterol tinggi.

Menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat memang menjadi tugas masing-masing. Karena kita tahu apa yang terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Banyak orang yang abai dengan kesehatannya karena memiliki kalimat andalan “mumpung masih muda”, sehingga apa saja di makan dan dilakukan sampai menjadi suatu kebiasaan buruk yang terus terulang.

Untuk itu, sebelum terlambat maka sebaiknya segera rubah pola makan yang tidak sehat serta kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merugikan tubuh dengan pola makan dan gaya hidup yang baru yang lebih sehat. Agar tubuh terhindar dari kolesterol tinggi maka mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti buah dan sayuran bisa dijadikan pola makan sehat kita sehari-hari.

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin yang bisa menaikan kadar kolesterol baik pada tubuh. Karena buah serta sayuran memiliki senyawa kimia yang bisa membuat penyerapan kolesterol dan lemak pada tubuh terbatasi. Jadi jangan melulu mengkonsumsi makanan cepat saji saja ya.

Karena kita tahu bukan? Bahwa makan cepat saji tidak memiliki nilai gizi sama sekali malah yang ada adalah merugikan tubuh kita sendiri.

Dengan begitu, langkah awal dalam mencintai diri sendiri adalah dengan menjaga kesehatan tubuh kita secara maksimal sebaik mungkin.

Di dalam tubuh sehat tentu saja memiliki jiwa yang kuat dalam menjalani hidup. Untuk itu, mari sayangi tubuh kita dengan menjaga pola makan sebaik mungkin demi terhindari kolesterol tinggi dan untuk kesehatan jangka panjang nanti. 

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More