Obat Tradisional Untuk Batuk Pilek Pada Bayi 2 Bulan

23 Dec 2020

Bayi mengalami batuk dan juga pilek sebenarnya sangat lazim terjadi, terlebih bila usia mereka masih dibawah lima tahun. Hal ini terjadi karena sistem daya tahan tubuh bayi masih di dalam tahap penyesuaian terhadap lingkungan disekitarnya.

Lalu apa yang dapat bunda lakukan bila buah hati mengalami batuk pilek? Gejala batuk pilek yang di alami oleh bayi sering sekali membuat si kecil menjadi tidak nyaman serta cenderung akan membuat si kecil menjadi mudah rewel.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa batuk pilek yang terjadi pada bayi sebanyak sepuluh kali dalam satu tahun maka sebenarnya penyebabnya ialah infeksi atau pun alergi yang dapat ditularkan melalui udara ataupun dari sebuah sentuhan tangan.


Gejala Serta Jenis Batuk Pada Bayi Usia 2 Bulan

Namun bila si kecil mengalami batuk, sebagai orang tua tidak disarankan untuk langsung memberikan obat batuk yang biasanya didapatkan dari dokter karena biasanya obat batuk tersebut dapat memiliki efek samping ke bayi.

Lebih baik bila menggunakan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan. Namun sebelumnya ada beberapa gejala dan juga jenis batuk pada bayi yang perlu diketahui oleh para orang tua.

Batuk Kering

Jenis batuk kering ini tidak mengeluarkan dahak serta dapat menjadi sebuah pertanda bahwa bayi menderita flu, ISPA, pilek, batuk rejan, alergi dan juga croup.

Batuk Berdahak

Jenis batuk berdahak yang terjadi pada bayi ini biasanya disertai dengan mengi serta sesak nafas yang merupakan dapat menjadi sebuah pertanda bahwa si kecil sedang menderita penyakit pada saluran pernafasan contohnya seperti asma, bronchitis, ISPA dan atau pneumonia.


Obat Tradisional Untuk Batuk Pilek Pada Bayi 2 Bulan

Setelah kita mengetahui jenis batuk yang dapat dialami oleh si kecil maka langkah selanjutnya ialah kita sebagai orang tua dituntut untuk mengobati batuk pilek pada bayi kita.

Batuk yang disebabkan karena infeksi virus itu sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus menggunakan sebuah obat obatan.

Bila si kecil menjadi rewel dan kurang istirahat akibat dari batuk pilek nya maka para orang tua dapat memberikan obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan, berikut beberapa obat alaminya yang dapat diberikan kepada si kecil:

Memberikan Air Susu Ibu

Air Susu Ibu atau sering disingkat dengan nama ASI ini didalamnya mengandung sebuah zat pembentuk kekebalan tubuh yang dapat membantu memperkuat sistem daya tahan tubuh bayi dalam melawan infeksi yang ada di dalam tubuh si kecil.

Bukan hanya itu saja juga ASI juga sangat baik dalam membantu mengencerkan dahak serta membantu melegakan tenggorokan si kecil.

Maka dari itu ketika si kecil sedang mengalami batuk pilek, sangat dianjurkan bagi para ibu menyusui untuk memberikan lebih banyak lagi ASI.

Memberikan Uap Hangat

Obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan selanjutnya ialah dengan cara dapat memberikan uap hangat. Uap hangat ini dapat berfungsi dalam mengencerkan dahak dan juga dapat membantu bayi agar dapat bernafas lebih lega lagi.

Maka dari itu bunda dapat membuatkan sebuah air hangat dengan suhu sekitar 37,2 - 38oC agar dapat dihirup oleh bayi anda. Bukan hanya dapat dihirup uap nya saja, mungkin anda juga dapat menggunakan air hangat ini untuk memandikan si kecil agar dapat membantu mengatasi batuk pilek si buah hati.

Selain itu juga anda sebagai orang tua dapat menggunakan alat pelembab udara atau lebih dikenal dengan nama humidifier, ketika menggunakan uap hangat ini pastikan untuk suhu uap yang digunakan tidak terlalu panas.

Meneteskan Cairan Saline

Cairan saline atau sering disebut dengan obat tetes hidung ini terbuat dari larutan air garam steril yang memiliki fungsi untuk membantu dalam mengeluarkan lendir yang ada di dalam hidung dan juga di dalam tenggorokan bayi. Untuk mendapatkan cairan saline ini bunda dapat menemukan di apotek apotek terdekat di dekat rumah bunda. Dalam menggunakan cairan saline ini pun cukup mudah namun juga sangat perlu hati-hati dalam menggunakannya karena cairan ini diteteskan ke dalam hidung bayi.

Cara menggunakannya ialah dengan meneteskan larutan cairan saline ini ke dalam hidung bayi sebanyak 2 sampai 3 kali tetes dengan menggunakan pipet serta untuk pastikan posisi wajah bayi menghadap keatas. Berhati-hati lah ketika meneteskan larutan cairan saline ini karena biasanya bayi akan sering bergerak karena bayi senang menggerakan badan nya.

Pastikan cairan saline ini benar benar masuk kedalam hidung bayi, setelah itu diamkan sekitar tiga puluh detik kemudian bersihkan dengan menggunakan cotton bud. Ketika anda membeli cairan saline ini pastikan anda telah bertanya mengenai aturan pakai kepada petugas apoteknya.

Menggunakan Bawang Merah

Obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan yang tidak kalah telah terbukti khasiatnya ialah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah ini dipercaya dapat meredakan batuk dan juga pilek pada bayi. Diketahui bahwa bawang merah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, calcium, folic acid, flavonoid, quercetin, fiber dan juga chromium.

Kandungan tersebut dipercaya sangat baik untuk kesehatan serta dapat membantu menyembuhkan penyakit terutama batuk pilek pada bayi ini. Dalam meredakan batuk pilek pada bayi, anda dapat memulainya dengan mengiris tipis bawang merah lalu campurkan dengan menggunakan minyak telon yang biasanya digunakan oleh anak.

Selanjutnya basahi kapas dengan menggunakan campuran bawang merah dan telon, setelah itu oleskan ke area punggung, dada, kepala dan jangan lupa di bagian telapak kaki si kecil. Letakkan kapas basah dari campuran irisan bawang merah dengan minyak telon ini di perut bayi ketika si kecil tertidur juga dapat membantu meredakan batuk pilek pada bayi.

Menggunakan Kunyit

Obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi 2 bulan yang terakhir dapat digunakan ialah dengan menggunakan kunyit. Kunyit sendiri merupakan salah satu bahan penting yang biasanya selalu ada di dalam obat tradisional. Menggunakan kunyit untuk dijadikan obat tradisional dan herbal pun sudah sangat tidak diragukan lagi manfaatnya. Maka dari itu kunyit juga dapat menjadi obat tradisional dalam meredakan batuk pilek pada bayi.

Bayi yang masih berusia 2 bulan pastinya belum dapat mengunyah ataupun menelan makanan selain ASI atau air susu ibu, maka dari itu si kecil membutuhkan obat tradisional yang dapat digunakan diluar tubuh mereka. Penggunaan kunyit sebagai obat meredakan batuk pilek pada bayi ini pun cukup mudah.

Langkah awalnya buatlah parutan kunyit lalu campurkan dengan menggunakan air hangat sampai membentuk seperti pasta. Setelah itu oleskan di bagian dada, dahi dan juga telapak kaki bayi.

Diamkan beberapa menit, panas dari kunyit ini dapat membantu mengencerkan lendir dan juga dapat membantu mengeluarkan lendir tersebut.

Bila telah melakukan berbagai cara diatas namun keadaan bayi tidak segera membaik maka sebaiknya segera bawa bayi ke dokter anak agar dapat mendapatkan pertolongan lebih lanjut. 

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More