Obesitas Pada Anak

10 Jul 2020


Kegemukan atau obesitas tidak haya melanda orang dewasa saja tetapi juga anak anak. Banyak ibu yang mencemaskan ketika anaknya terlihat kurus tetapi tidak ketida melihat anaknya terus bertambah gemuk.

Obesitas atau kegemukan pada anak anak dapat mengundang berbagai macam penyakit, seperti asma, Stress dan sering beubah mood juga bisa datang karena obesitas.

Moms tentunya senang jika melihat si kecil sangat lahap makan dan sama sekali tidak pernah menolak makanan.

Kasih sayang seorang ibu biasanya akan membuatnya memberikan makanan – makanan kesukaan si kecil setiap kali ia menginginkanya.

Ada beberapa masalah obesitas pada anak yang tidak terjadi karena nafsu makan si kecil yang berlebihan tetapi juga ada faktor lain yang bisa menyebabkan hal ini. Berikut adalah detailnya


Penyebab Si Kecil Kegemukan

1.Hormon

Masalah pada hormone pencernaan dapat menyebabkan si kecil mempunyai kebiasaan makan berlebihan yang akan membuat ia mengalami kegemukan.

2.Stress

Perasaan stress atau cemas berlebih tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga terjadi pada anak anak.

Anak yang merasa kurang mendapat perhatian atau kehilangan kehangatan kasih sayang orang tuanya biasanya akan timbul strees di dirinya yag membuatnya melampiaskan dengan cara makan lebih banyak.

3.Kurang berolahraga

Anak anak yang mempunyai kebiasaan malas keluar rumah dan melakukan kegiatan luar ruangan, akan rentan terkena obesitas, kegiatan berolahraga atau bahkan bermain lari larian di luar rumah akan sangat meminimalisir terjadinya kegemukan pada si kecil karena tubuh si kecil akan terus bergerak membakar lemak yang ada di tubuhnya.

4. Kebiasaan Makan Degan Porsi yang Besar

Ketika si kecil tidak doyan makan dan cenderung memilih milih makanan tetntunya moms akan merasa tidak tenang karena anak yang kurang doyan makan dimasa pertumbuhanya adalah hal yang tidak baik dan si kecil rawan sekali terkena berbagai macam penyakit.

Tetapi harus di ingat juga bahwa ketika moms melihat si kecil makan dalam porsi besar atau berlebihan secara terus menerus hal ini juga sama sekali tidak sehat.



Mencegah Si Kecil Mengalami Obesitas


1. Memperhatikan tau Mengontrol Pertumbuhan (Berat Badan) Si Kecil

Perhatikanlah berat badan atau pertumbuhan badan si kecil secara seksama, bila perlu timbanglah berat badanya secara berkala.

2. Sering Mengajak Si Kecil Untuk Melakukan Kegiatan Outdoor

Kegiatan seperti berkebun, berenang atau bahkan camping dapat menghindarkan si kecil dari kebiasaan bermain game. Kemudahan teknologi sekarang ini bisa berdampak negative jika tidak di control, kecanggihan smartphone membuat banyak sekali game online yang di buat yang menyasar pasar anak anak.

3. Mengatur Jam Tidur Dengan Disiplin

Jam tidur yang tidak teratur bisa menyebabkan si kecil kurang tidur, kurang istirahat bisa menyebabkan ketidak seimbangan hormone pada tubuh si kecil. Tidak seimbangnya hormone di tubuh si kecil adalah salah satu pemicu dasar si kecil mengalami stress dan pelampiasan paling mudah yang bisa di lakukan anak anak adalah dengan menyantap makanan.

4. Kontrol Makanan & Minuman Manis yang di Konsumsi si Kecil

Sesekali si kecil mengonsumsi makanan manis tidaklah apa-apa, tidak semua makanan atu minuman manis memiliki efek negative untuk tubuh si kecil. Seperti jika si kecil gemar makan buah buahan segar atau minum jus buah.

Tetapi moms harus waspada ketika si kecil mulai mengonsumsi coklat maupun es krim secara berlebihan, makanan manis seperti ini bisa menjadi candu yang serius untuk si kecil.

Perilaku “sugar high” adalah perilaku hiperaktif sementara selepas mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Perilaku ini lebih besar terjadi pada anak anak.

Berdasarkan penelitian yang di akukan oleh ilmuwan di Amerika Serikat, adrenalin didalam tubuh anak bisa meningkat sampai sepuluh kali lipat selepas mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi, tetapi ini hanya bersifat sementara setelah metabolism tubuh anak kembali normal, tubuh anak akan mengalami lemas dan menjadi malas beraktivitas.


Nah, jika moms merasa khawatir dengan kondisi naiknya berat badan si kecil atau kegemaran si kecil dalam menyantap makanan dalam porsi yang tidak wajar. Moms bisa berkomunikasi dengan dokter anak untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci dan tentunya dapat menghilangkan keraguan di hati moms.