Sederet Olahraga Mengecilkan Perut yang Bisa Dicoba di Rumah Saat Pandemi

12 Nov 2020

Virus Covid-19 yang melanda seluruh dunia membuat kita sedikit kewalahan dalam beraktivitas, salah satunya berolahraga. Karena adanya aturan protocol kesehatan yang perlu dipatuhi, maka ruang gerak kita pun juga menjadi sangat terbatas. Banyak karyawan kantoran yang dipekerjakan di rumah saja, sehingga membuat banyak orang stuck berada di dalam rumah. Kemudian membuat banyak orang untuk malas bergerak karena terlalu lama berada di rumah.

Tidak heran jika kemudian kebiasaan yang buruk membuat fisik badan lebih melar dan tak terkontrol. Terlalu lama di rumah dengan gaya hidup yang kurang bagus seperti tidak menjaga pola makan dengan baik bisa menyebabkan masalah-masalah kesehatan bermunculan. Salah satunya adalah perut buncit. Nah, untuk mengatasi perut buncit dan besar bisa dengan olahraga sederhana di rumah. Tidak perlu pergi ke Gym untuk mendapatkan perut kecil. olahraga mengecilkan perut sebetulnya sangat banyak dan mudah untuk dilakukan.

Selain menjaga diri dalam menghindari kerumunan, melakukan olahraga di rumah juga menjadi alternative terbaik yang bisa dilakukan. Karena banyaknya pekerja yang dirumahkan atau bekerja dari rumah, setiap orang membutuhkan setidaknya 1 hingga 3 jam untuk berolahraga dalam sehari. Ini dapat menjaga kesehatan diri dan menghindarkan kita dari virus corona. Work from home tentu saja membuat kita memiliki beberapa waktu untuk bisa dimanfaatkan berolahraga. Dan olahraga dalam mengecilkan perut pun sangat gampang dan tidak perlu menggunakan alat bantu olahraga yang ribet.


Beberapa Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut

Bagian perut yang besar atau buncit bisa dikecilkan dengan beberapa gerakan olahraga yang biasa dilakukan. Gerakan olahraga mengecilkan perut juga sangat simple dan waktu melakukannya pun fleksibel alias dapat dilakukan kapan saja selama di rumah. Berikut ini beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan dalam mengecilkan perut selama berada di rumah:

1.Sit Up

Olahraga yang satu ini cukup familiar dan sangat mudah dilakukan. Walaupun terdengar mudah, beberapa orang yang tidak konsisten akan kesulitan dalam mengecilkan perutnya. Gerakan olahraga sit up yang mampu membantu mengecilkan perut ini bisa mengkondisikan otot perut terutama bagian atas. Caranya cukup mudah, yaitu dengan berbaring telentang kemudian tangan dilipat berada di depan dada, lalu tekuk lutut untuk setelahnya digerakkan secara continue sepert meringkuk dan kembali ke semula. Lakukan selama 30 menit dan lihat hasilnya.

2.Corkscrew

Nama olahraga yang satu ini cukup unik, yaitu corkscrew. Bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan atau pasca melahirkan, gerakan ini cukup membantu mengembalikan perut seperti sedia kala. Caranya cukup mudah, antara lain dengan memposisikan diri dengan berbaring di lantai lalu letakkan tangan disamping. Setelah itu angkat kedua kaki tegak lurus, kemudian tekuk sedikit pada bagian lutut. Lalu angkat pinggul perlahan sambil diputar menggunakan otot perut bagian bawah. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 3 detik saja kemudian ulangi gerakan hingga 10 kali untuk satu kali sesi.

3.Heel Touch

Ada kabar gembira buat kalian yang termasuk dalam kaum rebahan. Karena gerakan olahraga mengecilkan perut kali ini cukup menguntungkan kaum rebahan, yaitu gerakan heel touch. Gerakan ini cukup simple dan mudah, antara lain hanya cukup berbaring telentang di matras atau lantai kemudian tekuk kedua kaki dengan posisi lutut ke atas. Lalu bahu diangkat sedikit kemudia sentuh tumit kanan kiri bergantian. Bisa dilakukan sebanyak mungkin minimal 15 kali dalam satu sesi.

3.Elbow Plank

Gerakan olahraga mengecilkan perut yang satu ini juga dapat membantu mengkondisikan perut yang membuncit. Gerakan ini juga dikenal sebagai gerakan membakar lemak perut. Tak hanya itu saja, elbow plank menjadi olahraga yang bisa melatih stabilitas pada tubuh. Caranya adalah dengan memposisikan badan menghadap lantai dan kedua tangan dari telapak dan siku menempel di lantai. Kemudian angkat badan hingga menjadi tegak lurus dibantu ujung jari kaki untuk menopangnya. Tahan posisi punggung agar tetap lurus selama 30 detik lalu lakukan secara berulang minimal 3 kali.

Selain gerakan olahraga mengecilkan perut di atas, bisa juga dengan rajin bersepeda dan yoga dapat menjadi alternative lain untuk membantu mengkondisikan perut Anda. Namun, karena sedang masa pandemic sebaiknya lakukan kegiatan olahraga yang aman untuk Anda di rumah. Tapi jika ingin melakukan olahraga di luar ruang atau di luar rumah bisa dengan bersepeda santai dekat-dekat saja area rumah secara rutin. Yoga bisa dilakukan di manapun, selagi mampu menguasai gerakan-gerakan yoga dengan benar.


´╗┐Menjaga Tubuh dengan Gaya Hidup Sehat

Olahraga zumba juga menjadi olahraga yang dapat mengecilkan perut. Olahraga yang satu ini cukup banyak dimintai, terutama oleh kaum wanita. Akan tetapi tidak seru jika zumba dilakukan sendirian, pasalnya olahraga yang satu ini biasanya dilakukan secara bersama-sama dengan instruktur senam zumba sebagai leadernya.

Banyak sekali manfaat olahraga dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap optimal. Tidak hanya menjaga tubuh tetap bagus saja, namun berolahraga secara rutin mampu mencegah virus corona ini menyerang tubuh kita. Karena dengan berolahraga secara teratur membuat tubuh kita lebih sehat dan kuat. Namun tetap harus diimbangi dengan makan makanan bergizi sebagai penangkal virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat menjadi pilihan terbaik dalam menyehatkan tubuh. Percuma saja jika sudah rutin melakukan olahraga tapi pola makan tidak dijaga. Karena kedua hal tersebut harus dilakukan secara continue dan dijadikan sebuah kebiasaan. Menghindari makan makanan cepat saji adalah langkah yang perlu diambil. Karena junkfood dan fastfood lebih banyak merugikan tubuh dibandingkan manfaatnya bagi tubuh.

Menerapkan gaya hidup sehat ditengah pandemic seperti sekarang ini adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan. Karena mengingat virus ini menyerang ketahanan tubuh manusia, maka dengan memperkuat daya tahan tubuh dengan gaya hidup sehat menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan. Gaya hidup sehat juga menjaga kondisi tubuh kita tetap stabil. Seperti pada kondisi perut kita yang tidak akan membuncit atau membesar jika menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian.

Memang tidak mudah dalam menjaga kondisi tubuh ini agar tetap pada kondisi yang prima dan bagus. Diperlukan usaha ekstra untuk mengkondisikan tubuh kita sesuai dengan keinginan atau harapan kita. Jadi, buat kebiasaan yang baik seperti rajin olahraga, makan makanan sehat dan istirahat cukup secara berulang-ulang dengan konsisten dapat menciptakan gaya hidup sehat serta kehidupan terbaik dari versi Anda nantinya.

Kesadaran akan kesehatan memang diperlukan, tidak hanya karena pada kondisi pandemic ini saja, namun pada hari-hari selanjutnya di sepanjang hidup kita. Dengan menjaga diri kita tetap pada kondisi sehat, maka kita juga ikut andil dalam menjaga orang-orang sekitar dan keluarga tercinta. Nah, untuk itu lakukan hal-hal positif, yuk, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari perut buncit yang bikin tidak percaya diri ini.

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More