Pentingnya Menumbuhkan dan Menanamkan Pendidikan Agama untuk Anak Sejak Dini

05 Nov 2020

Berbicara tentang pendidikan anak, landasan yang paling penting untuk mereka adalah agama. Bagi anak-anak yang masih belum paham kehidupan, tentu saja menanamkan pendidikan agama untuk anak sejak dini menjadi pilihan yang terbaik. Mengingat, landasan agama yang kuat mampu menumbuhkan anak-anak hidup dengan keyakinan kuat dalam dirinya.

Hal ini tentu bagus untuk mereka dalam menjalani kehidupannya kelak. Jika landasannya sudah kokoh atau kuat, maka akan memudahkan mereka menyerap pendidikan lainnya selain agama.

Dengan landasan yang tepat, yaitu agama dalam diri mereka, orang tua sudah ikut andil dalam membimbing anak-anak menjemput masa depannya dengan lebih siap. Karena tanpa keyakinan dalam diri, seseorang akan lebih mudah goyah dalam banyak hal.

Tentu saja agama dalam kehidupan menjadi yang paling penting ditanamkan untuk anak-anak. Orang tua tidak boleh acuh persoalan yang menyangkut agama ini, karena dengan membekali anak tentang agama dengan baik bisa menjadikan anak tumbuh kuat.

Di jaman millennial sekarang ini, banyak anak-anak yang terjerumus ke pergaulan bebas karena minimnya landasan agama dalam diri mereka. Dari sini, orang tua yang tentu saja akan disalahkan dari perbuatan anak-anak.

Tentu tidak mau dong, menjadi kambing hitam karena tidak bisa membimbing anak ke arah yang baik dalam hidupnya? Oleh karena itu, yang paling utama untuk ditanamkan dalam diri anak adalah pendidikan agamanya. Lalu bisa diteruskan dengan mengajarkan ilmu akhlak pada anak dengan benar.


artikel terkait : cerita maling kundang


Membentuk Karakter dengan Pendidikan Agama untuk Anak


Tidak sedikit anak-anak yang memiliki sikap kurang baik dan tidak menghormati orang tua dengan semestinya karena kurangnya ilmu agama. Peran orang tua dalam membimbing anak-anak agar tidak keluar dari jalurnya tentu membutuhkan energi dan kesabaran yang lebih.

Dengan membekali ilmu agama yang cukup pada anak dapat membantu mereka memiliki sikap yang lebih baik dibanding yang tidak memiliki landasan agama sama sekali.

Mengapa ilmu agama menjadi sangat penting untuk anak? Seperti ilmu-ilmu lainnya yang diajarkan di sekolah, ilmu agama juga sama pentingnya untuk diajarkan sejak dini pada anak. Karena ilmu agama sendiri sangat mengedepankan manfaat-manfaat baik untuk sesamanya serta mengajarkan anak untuk terus berbuat baik. Mempunyai landasan agama yang kuat tentu saja bermanfaat bagi kehidupan sosial anak nantinya.

Melalui pendidikan agama untuk anak, orang tua mengarahkan mereka pada kebaikan-kebaikan yang paling dasar hingga ke tingkatan paling tinggi.

Bagi sebagian orang tua menerapkan pendidikan agama sebelum si kecil mulai masuk sekolah adalah keharusan. Menerapkan ilmu agama sesuai dengan kepercayaan masing-masing menjadi tugas utama orang tua. Ilmu agama mampu mengantarkan anak-anak untuk menjaga dirinya di saat jauh dari pantauan orang tua. Selain itu juga mampu menjauhkan anak dari hal-hal yang tercela atau keluar dari norma masyarakat atau agama.

Siapa yang tidak mau memiliki anak-anak yang berbudi pekerti baik sejak usia dini? Tentu membentuk karakter anak dengan ilmu agama sangat bagus untuk masa depannya. Anak yang bermoralitas tinggi karena landasan agamanya yang kuat menjadi nilai plus yang bisa membuat banyak orang tua bangga.

Jika orang tua menanamkan benih-benih baik melalui pendidikan agama untuk anak, pendirian dan keyakinan anak juga akan menjadi lebih kuat.

Membentuk karakter anak dengan menumbuhkan dan menanamkan ilmu agama pada mereka dapat membentuk sopan santun, keadilan dan kesabaran pada anak. Pendidikan agama sejak dini ke anak dapat menumbuhkan karakteristik khas yang ada dalam dirinya. Tidak hanya itu saja, landasan agama yang kuat juga menghindarkan anak dari krisis jati diri yang bisa membuat mereka dalam masalah.

Jika ada anak yang tumbuh tanpa diajarkan ilmu agama dalam dirinya, maka tidak heran jika nantinya menjadi pribadi yang kurang begitu baik bersosial. Akan tetapi tidak semua anak yang memiliki landasan agama yang kuat perilakunya selalu benar.

Kembali pada pola asuh yang diterapkan oleh orang tua ke anak bagaimana. Sebab pola asuh menjadi yang paling berperan besar dalam membentuk karakter anak. Jadi untuk membentuk anak yang memiliki pribadi santun dan menjunjung tinggi relegiusitas, sebaiknya bisa seimbang dalam keduanya, yaitu antara pola asuh dan penerapan keyakinan agama dalam dirinya.

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More