Penyebab Belekan Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

20 Nov 2020

Pastinya si kecil pernah mengalami belekan kan bunda? Belekan sendiri merupakan salah satu penyakit gangguan pada mata yang sering terjadi pada anak-anak dan juga balita. Belekan sendiri merupakan hal yang cukup normal bila terjadinya hanya ketika bangun tidur, namun bila belekan terjadi terus menerus maka belekan dapat menjadi gejala infeksi yang perlu untuk diwaspadai oleh para orang tua.

Kotoran mata atau belekan sendiri merupakan sebuah gabungan antara lendir, minyak, sel kulit dan juga kotoran lainnya yang menumpuk di bagian mata. Kotoran mata sendiri dapat muncul kapan saja namun akan lebih sering diproduksi ketika sedang istirahat tidur.

Belekan pada anak dapat terjadi akibat dari sumbatan dari saluran pembuangan air mata, dimana saluran tersebut dapat berfungsi dalam menghasilkan air yang berguna untuk menjaga mata agar tetap optimal.


artikel terkait : cerita rakyat malin kundang


Penyebab Belekan Pada Anak Dan Cara Mengatasinya


Beberapa macam penyebab belekan pada anak ialah sebagai berikut:

  • Alergi

Salah satu penyebab belekan pada anak ialah adanya alergi. Untuk mengetahui penyebab dari alergi ini diperlukan tes alergi. Namun biasanya belekan dapat disebabkan dari alergi debu atau alergi dari zat zat tertentu.

Infeksi sinus

Gangguan pada sinus ini dapat mengakibatkan terjadinya belekan. Salah satu cirinya ialah warna belekan menjadi berwarna kuning kehijauan dan juga lengket. Bukan hanya itu saja kedua mata juga akan tampak merah dan atau mata membengkak.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis ini merupakan penyakit yang sering disebut oleh masyarakat dengan sakit mata. Penyakit ini disebabkan karena adanya pembengkakan pada lapisan bening yang menutupi area mata dan juga area kelopak. Namun pada konjungtivitis akibat dari bakteri, biasanya belekan akan berwarna kehijauan ataupun kekuningan dan juga diikuti mata merah dan juga membengkak.

Dan untuk konjungtivitis akibat dari virus, biasanya kotoran akan berwarna putih atau jernih dan dapat menyebar diarea mata lainnya.

Cara mengatasi dari belekan ini sendiri dapat menggunakan cara yang alami. Berikut cara mengatasi belekan pada anak:

  • Madu

Madu merupakan hasil dari hewan lebah yang memiliki banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Madu murni sendiri dapat digunakan untuk mengobati mata belekan yang di alami oleh anak. Caranya pun cukup mudah hanya dengan mengoleskan madu murni di area sekitar kelopak mata lalu diamkan beberapa saat hingga madu menjadi agak kering dan kemudian dibilas dengan menggunakan air bersih.

Cara cukup efektif dalam meredakan mata yang kelelahan karena iritasi atau belekan dan dapat menghilangkan belekan dalam jangka waktu yang lumayan cepat.

  • Mentimun

Mentimun atau timun memang sangat segar terlebih bila timun ini digunakan diarea wajah yang biasa digunakan sebagai masker wajah. Selain dapat menjadi masker wajah, mentimun juga dapat membantu mengobati mata belekan yang terjadi pada anak.

Cara penggunaannya cukup mudah hanya dengan menyediakan timun segar tanpa harus dikupas sendiri lalu tempelkan pada mata anak yang tertutup. Cara ini pun dipercaya sangat efektif untuk dijadikan sebagai antioksidan alami yang dapat membantu mata dalam memproses penyembuhan dan juga menyegarkan mata akibat dari iritasi.

  • Air hangat

Air hangat memiliki sebuah fungsi yang sangat penting untuk dalam tubuh, karena air hangat merupakan sebuah pengontrol sirkulasi darah, penghancur lemak secara alami dan juga satu buah manfaat yang sangat penting ialah dapat membantu meredakan nyeri yang terjadi pada mata belekan.

Mata yang sedang mengalami belekan cenderung akan merasakan sakit serta perih di saat-saat tertentu terlebih bila dalam keadaan mata sedang terbuka. Maka dari itu para orang tua dapat meredakan nyeri yang terjadi pada anak dengan menggunakan air hangat. Terapi air hangat pada mata belekan yang terjadi pada anak dapat dilakukan dengan mengompres mata dengan menggunakan air hangat.

Disini orang tua hanya perlu menyediakan air hangat dan juga mencelupkan handuk bersih pada air tersebut lalu peras handuk dan dikompreskan di mata anak dengan kondisi mata anak tertutup. Selain itu juga pastikan bila keadaan handuk dan juga tangan untuk tetap steril.

Semoga beberapa informasi mengenai penyebab mata belekan pada anak dan cara mengatasinya dapat bermanfaat serta menjawab semua keresahan orang tua diluaran sana ya. 

Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi
Read More
Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil
Read More
Anak Sering Main Gadget, Berbahayakah?
Read More
Cara Aman Memberikan Pijatan pada Bayi
Read More