Sakit Kepala Saat Hamil 9 Bulan

28 Aug 2020

Di masa masa kehamilan, mungkin anda akan merasakan berbagai gejala dari yang merasakan rasa mual,muntah, sakit perut dan sakit kepala. Ketika sakit kepala ini terjadi kondisi nya akan berubah ubah mulai dari sakit kepala ringan hingga sakit kepala berat.

Para dokter pun mengatakan bila ibu hamil pasti akan mengalami sakit kepala dan sakit kepala nya tidak termasuk dalam kategori sakit kepala yang berbahaya. Sakit kepala ketika hamil dapat disebabkan karena berbagai hal dan sering terjadi di awal kehamilan serta di kehamilan usia 9 bulan.

Lalu penyebab sakit kepala ketika sedang hamil ialah karena tubuh mengalami beberapa perubahan yang dapat membuat sakit kepala. Perubahan ini meliputi perubahan hormone, perubahan berat badan dan peningkatan volume darah dalam tubuh.

Bukan hanya itu saja banyak penyebab lain dari sakit kepala saat hamil 9 bulan yakni akibat dari dehidrasi, stress, kurang tidur, diet, tekanan darah tinggi, diabetes, ketegangan otot dan efek dari kafein serta nutrisi yang buruk. Bukan hanya itu saja ternyata makanan juga dapat membuat sakit kepala saat hamil 9 bulan seperti coklat, keju, tomat dan ragi.

Rasa nyeri akibat dari sakit kepala pun juga akan berbeda dari individu satu ke individu lain. Bentuk sakit kepala yang dirasakan oleh ibu hamil akan seperti sakit kepala yang tumpul, sakit kepala yang berdenyut, sakit kepala parah di satu sisi atau migrain, sakit kepala di kedua sisi serta sakit kepala tajam di area belakang mata.

Sakit kepala migrain biasanya juga akan disertai dengan gejala lain seperti muntah, mual serta melihat adanya sebuah garis atau sebuah kilatan cahaya.


Berbagai Penyebab Sakit Kepala Saat Hamil

Dari segi medis ada beberapa sebab yang dapat memicu terjadinya sakit kepala pada ibu hami, diantaranya:

· Kurang Energi

Sakit kepala saat hamil merupakan sebuah tanda bila tubuh memerlukan sebuah asupan energi. Terlambat makan bagi ibu hamil dapat membuat sakit kepala, kondisi ini juga sering terjadi pada ibu hamil yang mengalami sulit makan dan sulit minum karena akan selalu mual dan muntah. Maka dari itu lebih baik untuk selalu menyiapkan camilan yang sehat agar dapat menjadi sebuah energi.


· Berdiri Tiba-tiba

Ketika duduk darah akan terkumpul di area kaki, bila ibu hamil berdiri secara tiba-tiba biasanya akan memicu sakit kepala hal ini dapat terjadi karena aliran darah yang menuju ke jantung menjadi lebih sedikit sehingga membuat tekanan darah turun dengan cepat. Dalam mencegah sakit kepala saat hamil ini cobalah untuk berdiri secara perlahan dari posisi sebelumnya.


· Berdiri Terlalu Lama

Dengan berdiri terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala pada ibu hamil karena darah banyak yang terkumpul di area kaki. Dalam mengatasi hal ini cobalah untuk berbaring atau duduk sampai rasa sakit kepala mulai merasa reda, bukan hanya itu saja mungkin anda juga dapat menggerakkan kaki selama beberapa menit agar membantu melancarkan sirkulasi darah.


· Berbaring Terlalu Lama

Berbaring dengan posisi terlentang yang terlalu lama dapat memicu sakit kepala pada ibu hamil. Hal ini dapat terjadi karena pembuluh darah dibelakang rahim terjepit dimana akibatnya aliran darah balik dari kaki dan panggul menuju jantung akan terbendung serta tidak dapat mengalir dengan lancar. Untuk mencegah sakit kepala pada ibu hamil, maka dapat berbaring dengan posisi miring ke kiri dengan maksud untuk meningkatkan aliran darah ke jantung dan juga otak. Akan lebih nyaman lagi bila punggung di sanggah dengan menggunakan bantal.


· Anemia

Beberapa dari ibu hamil ada yang sampai mengalami anemia akibat dari kekurangan zat besi. Anemia terjadi akibat dari sel darah merah yang membawa oksigen menuju otak dan organ lain menjadi lebih sedikit sehingga dapat menyebabkan sakit kepala bagi ibu hamil. Maka dari itu ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup terlebih bila telah memasuki trimester kedua dan ketiga.

Bagi ibu hamil yang mengalami sakit kepala, tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat aspirin dan ibuprofen karena berbahya bagi janin yang ada di dalam perut si ibu.