Sayuran Yang Mudah di Tanam dan Cepat Panen

15 Oct 2020

Ada berbagai jenis sayuran yang dapat ditanam dengan mudah dan juga cepat untuk di panen yang dapat dilakukan di rumah. Terlebih bila sayuran tersebut nantinya dapat digunakan untuk dikonsumsi setiap hari setelah di panen. Selain dapat mengisi waktu selama di rumah saja, menanam sayuran juga dapat membuat seseorang yang menanam nya tidak perlu repot-repot lagi ke pasar untuk membeli sayuran.

Sayuran sendiri merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan. Walaupun mengolah sayuran menjadi masakan setiap harinya yang kadang cukup merepotkan namun akan lebih merepotkan lagi bila harus bolak balik ke pasar untuk membeli sayuran segar. Maka dari itu lebih baik menanam sayuran yang mudah ditanam di rumah dan cepat juga untuk dipanen.


Sayuran Yang Mudah Ditanam Dan Cepat Panen Di Rumah Sendiri

Berikut ada beberapa jenis sayuran yang dapat mudah ditanam dan juga cepat untuk dipanen di perkarangan rumah:

1.Bayam

Jenis sayuran yang mudah ditanam dan cepat panen yang pertama ialah sayuran bayam. Tanaman sayuran bayam ini memiliki waktu yang relatif singkat dalam masa pertumbuhannya dan juga dapat dipanen dengan cepat sekitar satu sampai satu setengah bulan.

Sayuran bayam juga dapat ditanam sepanjang tahun baik berada di dataran rendah ataupun dataran tinggi serta bisa di area kebun ataupun di area perkarangan rumah. Waktu penanaman sayur bayam yang cukup baik ialah ketika di awal musim hujan dan atau di awal musim kemarau.

Jenis sayuran bayam ini bisa tumbuh secara optimal jika terkena paparan cahaya matahari yang cukup dan tidak boleh lebih dari tujuh jam dalam satu hari. Selain itu anda juga harus memperhatikan bagaimana cara menyiram tanaman sayuran bayam yakni dua kali dalam satu hari di masa kecambah dan satu kali dalam satu hari sampai tumbuh dewasa.


2.Kangkung

Sayuran kangkong ini merupakan jenis sayuran yang cepat panen dan mudah ditanam untuk berikutnya. Sayuran kangkung juga menjadi salah satu tanaman dengan usia panen yang cukup singkat yaitu sekitar tiga puluh hari sampai empat puluh hari.

Sayuran kangkong juga tergolong dalam jenis tumbuhan di berbagai musim, cara menanamnya pun cukup mudah hanya dengan menyebar bibit kangkong di media tanaman yang telah digemburkan lalu di proses pemupukan, penyiraman serta perawatan memberantas gulma.

Bukan hanya itu saja tanaman sayuran kangkong ini juga dapat hidup di lahan sempit dengan menggunakan sistem hidroponik.


3.Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan jenis sayuran yang cepat di panen dan juga mudah untuk ditanam. Umur panen sawi sendiri paling lama ialah tujuh puluh hari dan paling penek empat puluh hari. Sebelum memanen sayur sawi hijau ini sebelumnya perlu dilihat dahulu fisik tanamannya seperti warna, bentuk dan ukuran daunnya.

Kemampuan tumbuh dari tanaman sayur hijau ini pun cukup mudah yang terpenting ialah adanya ketersediaan air terpenuhi. Sayuran sawi hijau juga harus tetap memperoleh sinar matahari yang cukup untuk tumbuh.

Cara menanam nya pun cukup mudah hanya dengan menyiapkan bibit, media tanam dan juga pupuk maka dengan begitu anda sudah dapat memanen sawi hijau segera mungkin.


4.Mentimun

Selanjutnya sayuran yang mudah ditanam dan cepat panen ialah mentimun. Mentimun ini tergolong tanaman sayuran yang berumur pendek karena mentimun sudah dapat dipanen ketika berumur tiga puluh lima hari setelah penanaman.

Buah hasil dari tanaman mentimun ini akan siap dipetik ketika berwarna hijau pudar keputihan. Panen buah dari jenis tanaman mentimun ini dapat dilakukan dengan interval dua sampai tiga hari hingga lima belas kali panen.


5.Buncis

Sayuran selanjutnya ialah buncis. Sayuran buncis ini secara teknis budidaya nya merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah ditanam dan cepat panen. Bahkan sayuran buncis dapat berproduksi dengan baik di hampir seluruh ketinggian.

Sayuran buncis sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu tipe merambat dan tipe tegak. Untuk sayuran buncis tipe tegak ini dapat dipanen ketika usia sekitar empat puluh lima hari setelah ditanam dan untuk sayuran buncis tipe merambat dapat dipanen di usia sekitar enam puluh hari setelah ditanam.