Perlengkapan yang Wajib Dibawa Ketika Si Kecil Melakukan Kegiatan Outdoor

02 Jan 2020

Mengajak anak untuk melakukan kegiatan di luar ruangan memberikan edukasi sekaligus pengalaman tak terlupakan bagi anak. Apalagi kalau itu adalah kali pertama anak diajak untuk berkemah dan membantu orang tua mengurus segala kepentingan, mulai dari memasak, mandi, dan tidur di tenda bersama alam.

Pemilihan waktu untuk berkemah bersama anak bisa menggunakan hari libur panjang atau sebelum anak masuk sekolah. Tujuannya supaya anak merasa maksimal dan puas, serta orang tua juga bisa lebih optimal memperkenalkan alam kepada buah hati serta berlatih kemandirian, setidaknya untuk sendiri.

Pemilihan tempat berlibur untuk anak harus seimbang, ketika anak sudah terlalu sering diajak ke mall, anak juga butuh menambah wawasan baru dengan berlibur ke alam terbuka. Tidak terbatas anak perempuan atau anak laki-laki, berkemah bisa dilakukan siapa saja untuk melatih kemandirian anak.

Melakukan kegiatan di luar ruangan, dalam hal ini berkemah juga harus dilakukan dengan cara yang tepat sasaran. Artinya, jangan sampai kesan pertama berkemah di benak anak itu menyusahkan atau membuat trauma. Penting kiranya bagi orang tua mempersiapkan beberapa perbekalan di bawah ini.


Perbekalan yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Kegiatan Outdoor

  • Pakaian Ganti

Pakaian ganti itu mencakup keseluruhan, bisa dari mulai kaos, celana, sampai dengan pakaian dalam. Bawa pakaian ganti yang nyaman untuk dikenakan di alam, bawa juga baju cadangan melebihi rencana untuk berbagai cuaca tidak terkira, seperti hujan, terkena kotoran, dan berbagai kondisi lainnya.

  • Selimut

Tidur di alam banyak hal yang tidak bisa kita kontrol, seperti serangga dan gigitan nyamuk. Anda mungkin sudah mempersiapkan obat anti nyamuk, tapi menggunakan selimut adalah hal penting.

  • Makanan dan Minuman

Ini juga termasuk ke dalam salah satu daftar wajib yang harus dibawa ketika berkemah. Mulai dari beras, mie instan, lauk yang mudah dimasak, serta aneka camilan untuk si kecil terutama. Persediaan air juga harus memadai karena tidak semua tempat berkemah lokasinya dekat dari tempat perbelanjaan.

  • Berbagai Benda lainnya

Masih ada lagi berbagai benda lain yang wajib dibawa, seperti senter, alas kaki yang nyaman, alat mandi, buku cerita jika dibutuhkan, serta obat anti nyamuk.

Jika memiliki persiapan dan keyakinan yang matang, Anda juga bahkan bisa membawa bayi atau anak di bawah usia 5 tahun untuk berkemah bersama. Namun, hal ini tentu harus diimbangi pertimbangan membawa benda-benda yang dibutuhkan, seperti topi, sepatu, dan jaket untuk dikenakan oleh si bayi.

Jika orang tua merasa akan kerepotan dengan bayi ketika harus beraktivitas, seperti mendirikan tenda, membuat makanan, atau sekadar meneguk kopi, orang tua bisa membawa serta stroller. Bukan hanya orang tua yang merasa nyaman dan aman, begitu juga dengan bayi yang bisa anteng di stroller.


Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan Saat Mengikuti Kegiatan Outdoor

Perlengkapan penting berikutnya yang wajib ada ketika bayi ikut berkemah adalah obat penting, seperti minyak telon, obat merah, plester luka, dan sebagainya yang sekiranya dibutuhkan. Persiapan ini penting terutama ketika bayi sedang dalam usia aktif-aktifnya senang mengeksplorasi berbagai hal.

Meskipun berada di luar ruangan, namun peralatan makan bayi tidak boleh sembarangan. Tetap harus dipisahkan dengan sesteril mungkin pembersihan supaya bayi tetap sehat. Tujuan utama melakukan kemah adalah menciptakan pengalaman dan kemandirian, untuk anak yang sudah bisa diajari mandiri.

Bayi tidak bisa seperti orang dewasa yang kalau lapar bisa menunggu, untuk itu persiapkan juga makanan kecil untuk membuat bayi anteng selama mengikuti kegiatan perkemahan.


Manfaat Berkemah dengan Si Buah Hati

Berkemah dengan si buah hati itu bukan hanya meningkatkan prestise bahwa si kecil bisa diajak bermain bersama alam. Ada serangkaian manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh orang tua dan juga anak, diantaranya membantu pertumbuhan tulang anak menjadi lebih kuat karena beraktivitas di luar rumah.

Manfaat berikutnya dari melakukan berkemah bersama anak adalah melatih kreativitas anak untuk bermain dan berinteraksi bersama alam. Anak bisa mengenali berbagai benda dari visual dan juga bentuknya, melalui rabaan serta melatih indera penciumannya terhadap aroma alami alam sekitar.

Manfaat yang tidak kalah penting dari mengajak anak berkemah adalah meminimalisir rasa takut pada anak. Tidak sedikit anak yang takut atau jijik terhadap binatang tertentu atau bahkan situasi tertentu, seperti becekan dan sebagainya. Tujuan berkemah ini bukan melatih anak menjadi jorok, tetapi membiarkan anak belajar supaya mengerti bahwa ada akibat yang didapatkan dari yang dilakukan.

Manfaat terakhir dari mengajak anak berkemah bersama di alam terbuka adalah membuat anak mau tidak mau bersosialisasi dengan orang lain. Ketika mengajak anak, tidak mungkin Anda mencari lokasi di tengah hutan, pasti lokasinya di tempat perkemahan yang sudah dikunjungi banyak orang. Dari sana, anak terlatih untuk berkomunikasi dengan orang, misal sesederhana diminta meminjam gunting saja.