Susu Formula yang Bagus untuk Bayi Baru Lahir

16 Sep 2020

ASI menjadi makanan utama bagi bayi. ASI mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka sebagai antibody terbaik dalam pertumbuhan. Bagi kebanyakan kaum Ibu, memberikan ASI pada sang buah hati menjadi prioritas utama.

Namun bagaimana jika ASI yang diharapkan tidak keluar atau keluar namun sedikit. Memberikan ASI ekslusif selama usia anak 0-6 bulan menjadi hal yang paling utama bagi buah hati.

Tetapi jika sang Ibu tidak mampu memberikan kebutuhan ASI pada anak tersebut, maka alternative terbaiknya adalah dengan memberikan sufor atau susu formula. Pasti para Ibu membutuhkan rekomendasi susu formula yang bagus untuk bayi baru lahir.

Memilih susu formula untuk bayi baru lahir memang tidak boleh sembarangan. Sehingga disarankan bagi para Ibu untuk lebih teliti dan bijak dalam memilih sufor bagi bayi mereka.

Sebagian besar susu formula terdiri dari nutrisi utama terbaik seperti karbohidrat, mineral, protein, lemak dan vitamin. Sebaiknya sebelum membeli produk sufor, baca terlebih dahulu pada kemasan apakah sufor tersebut cocok dikonsumsi oleh bayi baru lahir.

Disarankan para Ibu memilih produk sufor yang mengandung susu sapi serta dapat dikonsumsi oleh anak berusia di bawah satu tahun.

Apabila si kecil memiliki alergi terhadap susu sapi sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kepercayaan Anda. Biasanya dokter akan menyarankan untuk memberikan sufor yang diformulasi khusus bagi bayi yang memiliki alergi pada susu sapi.

Pada umumnya formulasi khusus tersebut masih menggunakan susu sapi hanya saja protein yang terkandung diolah dengan khusus sehingga akan lebih mudah diterima oleh perut bayi.

Peluang ini biasanya dimanfaatkan produsen susu kedelai sebagai pengganti sufor bayi yang alergi terhadap susu sapi. Namun jangan terburu-buru memberikan susu kedelai untuk bayi Anda, sebab umumnya bayi yang alergi terhadap susu sapi biasanya juga alergi terhadap susu kedelai.

Banyak pakar Kesehatan menjelaskan bahwa susu kedelai tidak dianjurkan untuk bayi yang baru lahir atau bayi di bawah 6 bulan. Sehingga sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar mendapatkan solusi terbaik untuk bayi Anda.

Berikut 5 Rekomendasi Susu Formula yang Bagus untuk Bayi Baru Lahir:

1.      Wyeth S-26: Promil Gold Tahap 1

Susu formula Wyeth S-26 seri Promil Gold yang satu ini memiliki formula MultiExcel yang bagus dalam memaksimalkan pertumbuhan otak bayi. Kandungan makronutrien pada sufor Wyeth S-26 Promil Gold tersebut mampu bersinergi dalam tubuh bayi sehingga bayi tumbuh aktif dan kuat.

2.      Nutricia: Nutribaby Royal Acti Duobio 1

Susu formula Nutribaby Royal Acti Duobio 1 mengandung prebiotic serta vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak berkembang dengan maksimal.

Kandungan lain seperti zat besi dan linoleate dapat membantu menstimulasi perkembang pada otak bayi.

3.      Similac Advance

Susu formula Similac Advance adalah susu khusus untuk bayi berusia 0-6 bulan yang memang menjadi pendamping ASI terbaik bagi bayi Anda. Similac Advance merupakan susu khusus yang hanya boleh dikonsumsi atas saran dokter atau pakar Kesehatan.

Untuk mengkonsumsi susu ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Yang terbaik adalah Similac Advance mengandung DHA dan AA yang bagus untuk perkembangan mata dan otak pada bayi.

4.      Enfamil A+

Susu formula Enfamil A+ yang khusus untuk bayi 0-6 bulan ini memiliki kandungan DHA 17mg/100kkal serta ARA 34mg/100kkal yang sudah teruji mampu memaksimalkan perkembangan otak pada bayi.

Enfamil A+ juga sudah terbukti mampu mempertahankan kondisi konsentrasi lebih lama dibandingkan dengan sufor lainnya. Selain itu, kandungan prebiotic GOS pada susu formula Enfamil A+ dapat membantu menjaga Kesehatan pencernaan bayi Anda.

5.      Nestle: NAN PH Pro 1

NAN PH Pro 1 diformulasikan khusus untuk bayi baru lahir yang mengandung Optipro HA protein Bifidobacterium lactis, hypoallergenic dan DHA tinggi yang menjadi asupan penting bagi tubuh bayi.

Susu formula NAN PH Pro 1 ini juga dilengkapi kandungan yang mampu mengurangi alergi pada bayi. Kandungan lainnya pada susu NAN PH Pro 1 dapat membantu tumbuh kembang bayi lebih maksimal.