Tentang Tekstur Makanan Bayi 8 Bulan

06 Aug 2020

Menyiapkan makanan sehari hari tentulah bukan hal baru bagi para ibu rumah tangga, tetapi bagaimana dengan ibu rumah tangga yang memiliki anak yang masih berumur 8 bulan? Tentunya membutuhkan pemahaman tentang tekstur makanan bayi 8 bulan.

Setiap detail dan rasa dari makanan yang akan di berikan kepada si kecil harus di perhatikan oleh bunda, jangan lupa juga kandungan gizi serta kebersihanya.

Sehatkah makanan bayi yang bunda beli dari supermarket atau di beli secara online? Untuk menghilangkan keraguan seperti ini memang seharusnya makanan si kecil bundalah yang menyiapkan dan membuatnya sendiri selain lebih terjamin juga akan lebih murah tentunya.

Tekstur makanan bayi berumur 8 bulan tentunya kan berbeda dengan makanan bayi berumur 8 bulan, karena memang kebutuhan dan selera makan si kecil akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia si kecil.

Dikala memasuki usi 8 bulan tekstur makanan bayi akan lebih kasar dan dalam porsi yang lebih besar juga, berbeda dengan yang di berikan kepada si kecil ketika masih berusia 6 bulanan.


baca juga review minyak telon habbie


Pola Makan Bayi 8 Bulan

Di usia 8 bulan bayi sudah terbiasa untuk mulai makan dengan tanganya sendiri, mereka sudah dapat menyantap makanan padat sebanyak 2 atau tiga kali dalam satu hari.

Rahang bayi sudah bisa mengunyah, lidah si kecil sudah begerak aktif dan di usia ini si kecil sudah mulai memiliki kebiasaan memasukan apa yang di pegangnya ke dalam mulutnya.

Selain beberapa kebiasaan-kebiasaan tadi di usia 8 bulan bayi sudah bisa duduk dengan tegap, nah disinilah bunda sudah bisa memberikan table food kepada si kecil.

Pergerakan si kecil yang sudah sangat aktif di usia ini adalah waktu yang tepat untuk melatih si kecil agar mulai makan secara mandiri.

Tetapi jangan lupa bun, bunda harus tetap memberikan ASI di usia 8 bualan ini, karena sekeren apapun menu makanan bayi, ASI adalah yang paling di butuhkan oleh tubuh si kecil.

Di usia 8 bulan ini biasanya si kecil sudah mulai menyapih, tetapi sebenarnya ini sangat tidak di sarankan.

Pastikan bunda membuat jadwal makan yang tepat dan jangan membiartkan si kecil menangis minta makan karena menunggu terlalu lama dan perutnya mulai lapar.




Seperti Apa Tekstur Makanan untuk Bayi Usia 8 Bulan?

1. Di usia ini bubur bayi yang memiliki tekstur yang lembek sudah tidak lagi menarik minat si kecil untuk menyantapnya. Si kecil biasanya akan agak sedikit susah jika di ajak untuk menyantap bubur bayi, jika menghadapi situasi seperti ini, bunda jangan kaget, karena justru inilah saatnya bunda mengenalkan makanan dengan kepadatan yang lebih.

2. Siapkan table food yang nyaman untuk si kecil untuk menyantap makanan kesukaanya siapkan garpu dan sendok untuk melatihnya terampil menggunakan alat makan ini.

3. Mulailah memberikan buah dengan tekstur yang lembut seperti kiwi, pisang, maupun pir, ingan bunda harus memotongnya manjadi kecil, untuk memudahkan si kecil menyantapnya serta mencegah kemungkinan si kecil tersedak.


Hal yang Harus Di Pahami Ketika si Kecil Mulai Menginjak Usia 8 Bulan

Perkembangan sensor motoriknya di usia ini akan semakin menunjukan perkembangan yang cukup signifikan, dan juga di sertai dengan sedikit menurunya berat badan si kecil karena aktifnya pergerakanya.

 Berbeda ketika masih berusia 6 bulan ke bawah, bayi berusia 8 bulan ke atas sudah tidak terlalu nyaman lagi terus berada di pelukan ibunya.

Bunda harus benar-benar memahami gejala gejala perubahan tingkah laku si kecil agar dapat melakukan tindakan yang tepat.

Kekeliriuan dalam memperlakukan si kecil di usia ini dapat menyebabkan si kecil merasa tidak nyaman atau bahkan menghambat jalanya perkembangan si kecil baik itu fisik maupun mentalnya.

Bunda juga harus menakar porsi makan si kecil di usia ini, hindari membiarkan si kecil makan terlalu banyak sampai kekenyangan atau malah memberikan makanan dalam porsi terlalu sedikit.

 Perhatikan juga kadar gizi makanan yang di santap si kecil seperti, protein, karbohidrat, maupun zat besi yang memang akan di butuhkan oleh tubuh si kecil.