Tips Perawatan Si Kecil Sehabis Mandi.

04 Nov 2019

Bayi memang identik sekali dengan wewangian dan harum yang menarik perhatian banyak kalangan. Wewangian ini biasanya lebih memikat saat sang bayi sudah mandi yang mana dilakukan perawatan oleh sang ibu. Mulai dari mengenakan pakaian yang bagus dan beberapa perlengkapan seusai mandi yaitu lotion, minyak telon , dan lainnya. Kebanyakan para ibu percaya bahwa ritual setelah mandi pada bayi menjadi hal yang wajib dilakukan.

Maka, dalam melakukan perawatan pada bayi ternyata sama langkahnya dengan perawatan pada orang dewasa. Bedanya, untuk perawatan pada bayi itu biasanya lebih dijaga dan produk yang digunakan juga harus dipilih yang aman. Jika tidak, bisa saja bayi malah mengalami masalah kulit yang tidak diharapkan hingga membuat para ibu menjadi lebih khawatir.

Untuk itu, agar menjadi ibu yang baik juga sang anak mendapatkan perawatan yang tepat Anda harus mencari tahu dari sekarang. Ini memang terdengar berlebihan kenapa Anda harus mempersiapkan untuk hal ini, namun nanti Anda akan tau manfaatnya. Jangan sampai ketika sudah terjadi sesuatu pada sang anak baru Anda merasa bersalah dan terlambat untuk memperbaiki.


Pentingkah Perawatan Bayi Setelah Mandi?

Meski melakukan perawatan pada bayi setelah mandi itu menjadi kebiasaan dari jaman ke jaman, namun ada juga keluarga yang tidak melakukannya. Ada beberapa orang tua menganggap bahwa, mengoleh dan menaruh sesuatu pada badan bayi itu tidak bagus. Bisa saja membuat kulitnya alergi, juga ada yang menganggap bisa menyebabkan penyakit lain.

Untuk itu, sebelum Anda melakukan perawatan pada sang anak ada baiknya memahami beberapa hal di bawah ini. Untuk perawatan dasar seperti mandi pastinya sudah menjadi kewajiban dan keharusan yang harus dilakukan. Ada yang berpendapat bahwa mereka harus memandikan sang anak dengan air hangat hingga umur 7 bulan. Ini sebenarnya hanya mitos saja dimana untuk membantu sang anak tidak merasa kedinginan dan gemetaran.

Untuk perawatan awal, di minggu pertama Anda disarankan cukup memandikan sang anak satu sekali sehari saja di waktu pagi. Untuk sore hari, cukup mengusap kulit bayi dengan kain basah pada keringat yang ada di badannya. Memilih waktu memandikan bayi juga penting untuk Anda perhatikan, misalnya lebih baik memandikan waktu anak sudah mengantuk dan sedang lapar. Jika memandikan ketika anak mengantuk, ia bisa tidur lebih nyenyak seusai mandi.


Alasan Bayi Membutuhkan Perawatan

Sebenarnya bayi juga rentan tercium bau yang tidak sedap dari tubuhnya, Anda bisa membuktikan sendiri. Untuk yang sudah pernah memiliki anak pasti pernah mengalami hal yang sama, dan bau tidak enak bayi sama dengan orang dewasa. Hal yang membedakan ialah untuk orang dewasa biasanya lebih menyengat, terutama untuk yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan.

Dengan begitu, karena kondisi ini Anda bisa mempertimbangkan masalah perawatan yang tepat pada bayi. Untuk langkah awal, sebenarnya tidak harus membeli produk yang bagus juga terbilang mahal. Cukup dengan memandikan dan membersihkan tubuh sang bayi secara rutin. Namun, jika Anda membersihkan tanpa sabun dan sampo pastinya wewangian pada bayi tidak akan tercium.


Tips Dalam Melakukan Perawatan Pada Bayi Sehabis Mandi

Berikut ini akan dibahas beberapa paparan mengenai cara melakukan perawatan pada bayi dengan baik setelah mandi. Anda harusnya menaruh perhatian lebih dalam hal melakukan perawatan pada anak terutama bayi setelah dimandikan. Pertama, coba untuk memandikan anak denga metode yang tepat, Anda bisa mencari tau sendiri dengan bertanya pada ahli.

Selanjutnya, Anda juga disarankan untuk memilih bahan yang digunakan untuk mengeringkan badan sang anak yaitu handuk. Untuk bahan handuk, pastikan Anda memilih yang berbahan bagus dengan tujuan, agar tidak menyebabkan masalah pada kulit anak. Terutama bayi, ia memiliki kulit yang sangat sensitif yang harus benar-benar Anda jaga. Pastikan juga bahwa handuk yang digunakan itu bersih dan disimpan ditempat yang steril.

Perawatan selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mengatur suhu ruangan agar bayi tidak berkeringat. Begitu juga jika Anda sedang berada di negara yang musim dingin, perhatikan hal ini dengan sungguh-sungguh agar tidak terjadi masalah buruk. Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan untuk menggunakan minyak telon. Ini sudah dilakukan dari jaman nenek moyang kita dengan tujuan membuat perut sang anak menjadi hangat.

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan minyak wangi khusus bayi pada anak untuk menghasilkan wewangian yang harum. Tidak hanya itu, bisa juga menaruh bedak pada seluruh badan dan juga sang bayi yang pastinya dengan bedak khusus bayi. Perawatan lain bisa Anda dengan memilih sabun dan sampo khusus bayi yang sudah terjamin bagus. Meski Anda ingin memberikan perawatan maksimal pada sang bayi, jangan sampai mengabaikan keamanan produk.