Tips Redakan Perut Kembung Si Kecil.

04 Nov 2019

Keadaan perut kembung pada anak memang sangat mengganggu dan pastinya membuat para ibu khawatir. Apalagi jika sampai membuat si bayi menangis tidak berhenti, hal ini tentu membuat sang ibu cemas akan keadaan si kecil. Untuk bayi yang perutnya kembung di usia 3 bulan sebenarnya normal terjadi, namun dibawah usia tersebut tidak normal.

Maka, jika bayi Anda mengalami hal yang sama Anda bisa konsultasikan hal tersebut pada dokter. Keadaan perut kembung pada bayi itu sebenarnya terjadi karena saluran pencernaannya sedang tidak baik. Sistem pencernaan yang tidak bekerja seperti seharusnya, itu bisa disebabkan karena sang ibu juga. Alasan ini memang sudah dibuktikan oleh pihak medis.

Maka, sangat penting bagi sang ibu yang tidak ingin anaknya mengalami yang namanya perut kembung harus perhatian dengan makanan yang dikonsumsi. Bahkan, ketika sang ibu mengalami stres dan mood yang tidak baik akan berpengaruh pada pencernaan sang anak. Ini dikarenakan sang anak sedang dalam keadaan menyusui yang diproduksi langsung dari sang ibu.


Berbagai Penyebab Perut Kembung pada Anak


Sebelum Anda langsung merasa panik dan gelisah, harus cari tau terlebih dahulu apa penyebab perut kembung yang terjadi pada anak. Sebelum Anda merasa bersalah pada diri sendiri dan menebak apa yang terjadi, bisa mencari tau sendiri dengan membaca. Atau dalam keadaan yang mepet Anda tidak bisa konsultasi dengan dokter, bisa juga dengan membaca berbagai artikel yang ada.

Penyebab pertama yang mungkin pernah Anda alami pada sang anak ialah, karena menelan udara terlalu banyak. Ini terjadi terkadang saat anak sedang menyantap makanan, belum dijelaskan secara rinci oleh pihak medis. Maka, saat Anda memberi makan pada anak ada baiknya pada saat ia memang benar-benar dalam keadaan lapar.

Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa susah harus menyuapinya sambil mengajak nonton dan kegiatan lainnya. Alasan lainnya bisa jadi karena sang anak mengunyah makanan terlalu cepat, anak juga bisa mengalami perut kembung karena mengkonsumsi makanan tinggi.

Makanan yang harus Anda hindari untuk dikonsumsi terlalu banyak ialah yang mengandung karbohidrat tinggi seperti kembang kol, bawang, kacang-kacangan, dan juga lobak.

Penyebab lainnya bisa karena Anda telat memberi sang anak makan telat dan juga makanan yang alergi pada dirinya. Anda jangan pernah menganggap remeh pada alergi, karena setiap anak mengalami masalah yang berbeda-beda untuk alergi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini Anda bisa melakukan tes untuk anak di rumah sakit atau klinik yang berwenang.


Tanda Perut Kembung pada Bayi


Setelah mencari tau apa saja penyebab yang mungkin terjadi pada anak Anda mengenai perut kembung, sekarang bisa mencari tahu tanda-tandanya. Perlu Anda pahami sebagai pengetahuan dasar bahwasanya di saluran pencernaan terdapat yang namanya gas atau udara. Ketika gas di dalam pencernaan itu berlebihan, maka akan terjadi yang namanya perut kembung.

Pada orang dewasa, keadaan perut kembung ini biasanya ditandai dengan adanya gejala penyakit magh. Tidak bisa dianggap remeh, penyakit ini harus segera diobati dan tidak bisa dibiarkan hingga bisa sembuh dengan sendirinya. Tanda utama jika anak Anda terkena perut kembung ialah ia akan rewel dengan cara yang tidak biasa.

Ditambah lagi, Anda yang mengenal sang anak dengan baik akan tau bahwa ia menangis tanpa alasan jelas. Jika Anda merasa sang anak mengalami tanda seperti ini, coba langsung cek bagian perutnya. Caranya, bisa dengan melakukan ketukan apakah ada bunyi seperti kembung yang dialami orang dewasa.

Selain itu, ketika Anda ketuk jika memang agak keras dan juga ketika perutnya terasa lebih keras dari biasanya, bisa jadi sang anak mengalami perut kembung. Anda juga bisa mengetahui apabila sang anak mengalami perut kembung dengan meliat gerakan pada sang anak. Jika sang anak terlalu sering melengkung dan menggeliatkan punggungnya ke belakang, bisa jadi itu pertanda perut kembung.  


Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi


Berikut ini akan dibahas beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kembung pada perut anak. Pertama, langsung letakkan di kasur dengan posisi terlentang, kemudian langsung angkat kedua kakinya. Coba untuk gerakkan kaki sang anak seperti sedang mengendarai sepeda. Coba abaikan jika memang sang anak tetap menangis, agar gerakan ini bisa membantunya mengeluarkan gas dari perut.

Cara lain bisa dengan cara memijat bagian perut dengan perlahan, coba membuat pijatan dengan gerakan searah jarum jam. Sambil melakukan usapan sambil sang anak tidur, Anda bisa juga mengusap punggungnya dengan posisi perut terlungkup. Jika sang anak ingin disusui, coba untuk membuatnya dengan posisi sedikit tegak, agar susu masuk ke perutnya dengan lancar.

Jika Anda sudah mencoba semua cara ini dan kemudian tidak melihat tanda bahwa perut kembungnya berkurang, maka sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter saja. Jangan menunggu terlalu lama lagi, selain menghubungi pihak dokter untuk tindakan lanjutan. Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika si kecil mengalami perut kembung, semoga bermanfaat.