Aroma segar untuk kamu coba minggu ini: Turkish Vanilla

Obat Herbal untuk Anak Demam, Coba yang Alami Dulu!

Wednesday, 29 May 2024
$oneArticle->title

Demam pada anak memang bisa membuat orang tua khawatir. Apalagi jika usia si kecil masih di bawah lima tahun, tentunya konsumsi obat tidak disarankan. Sebagai gantinya, Moms bisa gunakan obat herbal alami untuk anak demam berikut ini ya!

 

Rekomendasi Obat Herbal untuk Menyembuhkan Demam 

Bahan atau obat herbal yang menggunakan bahan alami terbukti mampu mengatasi gejala demam yang dialami oleh anak. Pemilihan obat herbal juga dinilai lebih baik karena bisa meminimalisir kemungkinan efek samping pada si kecil.

 

  1. 1. Kayu Manis

Moms bisa campurkan sedikit kayu manis ke minuman hangat untuk diberikan ke si kecil yang demam. Pasalnya kayu manis memiliki kandungan cinnamaldehyde yang bisa mengurangi demam. Agar hasilnya maksimal, Moms bisa gunakan kayu manis sebagai campuran teh dua kali sehari ya. 

 

2. Madu 

Madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan bisa diminum oleh anak-anak. Madu mengandung anti bakteri dan anti virus yang bisa meringankan gejala demam. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam madu juga bisa meningkatkan imunitas pada tubuh. 

 

3. Jahe

Rempah herbal asli Indonesia ini mengandung ginggerol, yakni zat kimia khusus yang memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan anti virus. Mengonsumsi jahe bisa membantu meringankan masalah kesehatan yang mengikuti demam, seperti sakit kepala, mual atau nyeri otot. 

 

Baca juga: Awas Pancaroba Moms, Ini 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Anak 

 

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Anak Demam?

Jangan panik ketika anak mengalami demam ya Moms, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi demam pada anak, diantaranya:

 

  1. 1. Mengonsumsi Teh Herbal

Teh herbal bisa menjadi minuman yang menghangatkan dan membuat si kecil nyaman. Minuman ini juga bisa memenuhi kebutuhan cairan si kecil, sehingga anak tak mengalami dehidrasi. Selain memberikan teh herbal, Moms juga bisa memberikan kaldu ayam hangat atau jus buah yang diencerkan. 

 

2. Biarkan Anak Beristirahat 

Istirahat menjadi cara terbaik si kecil untuk memulihkan kesehatannya kembali. Dengan beristirahat, tubuh bisa melawan penyakit yang membuat si kecil demam. Agar anak tak bosan di kamar, Moms bisa temani sambil membacakan cerita atau menemani mengobrol. 

 

3. Mandikan dengan Air Hangat 

Ketika anak demam, jangan ajak anak untuk mandi dengan air dingin agar suhu tubuhnya turun ya Moms. Sebaiknya ganti air dingin menjadi air hangat, sehingga anak jadi lebih segar setelah membasuh tubuh. Kalau anak tak mau mandi, bisa kompres anak meggunakan air hangat. 

 

4. Buat Sirkulasi Udara Lebih Lancar 

Saat anak demam, usahakan sirkulasi udara tetap lancar di rumah. Kenakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal dan bisa menyerap keringat dengan baik. Ketika anak merasa gerah, nyalakan kipas angin dengan kecepatan sedang, sehingga si kecil merasa nyaman. 

 

Baca juga: Cara Pijat Batuk Anak Agar Gejalanya Tak Makin Parah 

 

5. Pijat Perlahan 

Anak yang demam cenderung rewel di malam hari, supaya tidurnya lebih nyenyak, Moms bisa pijat si kecil dengan minyak telon. Habbie menghadirkan minyak telon dengan kandungan argan dan zaitun oil, lavender oil, ekstrak bidara serta aromatic oil. Berkat kandungan yang ada di dalamnya, si kecil tak hanya merasakan hangat, tapi juga rasa rileks berkat aromanya yang menenangkan. 

 

Anak Harus ke Dokter 

Meski hanya demam, anak tetap harus mendapatkan perawatan medis apabila kondisinya tak membaik. Anak yang mengalami demam dan tak kunjung turun suhu tubuhnya, sebaiknya segera di periksakan ke dokter. Tujuannya agar bisa diketahui apa yang menyebabkan anak demam dan bagaimana penanagannya yang tepat.

 

Walaupun bisa mengobati anak yang mengalami demam, obat herbal alami untuk anak ini tetap harus digunakan dengan bijak ya Moms. Kalau memang diperlukan, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter terkait cara pemakaian obat herbal agar kesehatan si kecil segera membaik.  

Latest Articles

Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum, Jangan Dibentak Ya

Mengatasi Anak Tantrum di Tempat Umum, Jangan Dibentak Ya

Kalau si kecil sering mengalami tantrum, baik di rumah maupun di tempat umum, Moms bisa lakukan langkah-langkah berikut ini ya!
Inspirasi Wangi Black Tea dalam Telon Habbie

Inspirasi Wangi Black Tea dalam Telon Habbie

Penasaran gak sih, kenapa Habbie menghadirkan varian Black Tea dalam seriesnya, Moms? Simak kisah dibaliknya berikut ini ya!
5 Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Liburan

5 Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Liburan

Selama perjalanan, sebenarnya anak bosan, rewel, hingga menangis merupakan hal yang wajar, kok. Tapi bagaimana sih tips agar anak tidak rewel saat liburan, Moms?
5 Minyak Telon Habbie Tea Series Paling Wangi, Moms Sudah Coba

5 Minyak Telon Habbie Tea Series Paling Wangi, Moms Sudah Coba

Buat Moms yang ingin mencoba Telon Habbie Tea Series , yuk coba varian berikut ini!