Aroma segar untuk kamu coba minggu ini: Oolong Tea

Tutorial Pijat Anak Sakit Perut, Jangan Sampai Salah Ya Moms!

Wednesday, 05 June 2024
$oneArticle->title

Anak sakit perut bisa terjadi kapan saja, penyebabnya pun beragam, ada yang karena kembung, kolik, hingga salah makan. Jika usia anak masih kecil, sebaiknya Moms tidak sembarangan memberikan obat, ya. Sebagai langkah alternatif, Moms bisa memijat perut si kecil dengan lembut. 

 

Pijatan pada perut bayi terbukti bisa mengurangi gejala nyeri, mual, serta tidak nyaman secara alami. Tapi jika kondisi si kecil tak membaik, segera lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif ya Moms! 

 

Tutorial Pijat untuk Anak Sakit Perut

Terdapat lima tekhnik pijat yang bisa Moms gunakan, semuanya mudah diterapkan kok Moms, bisa ikuti tutorialnya berikut ini!

 

  1. 1. Water Wheel 

Jenis pijat yang pertama adalah adalah pijat dengan gerakan seperti water wheel. Moms bisa memulainya dengan meletakkan satu tangan di bawah tulang rusuk bayi, pastikan telapak tangan menghadap ke kaki bayi. Secara perlahan, usap perut hingga ke area panggul dengan lembut. 

 

2. Knee Up 

Berikutnya adalah pijat anak sakit perut dengan gerakan knee up. Pijat ini mudah lho Moms, cukup tekuk kedua lutut bayi ke arah perutnya, lakukan secara perlahan. Selain bisa mengurangi jumlah tekanan gas di dalam perut, pijat knee up juga bisa membuat otot kaki lebih kuat lho Moms!

 

Baca juga: Pijat untuk Bayi Kembung, Yuk Praktekkan Moms!

 

3. I Love You 

Berikutnya adalah pijat anak sakit perut ILY, Moms pasti sudah tidak asing dengan tekhnik pijat ini kan? Pijat ILY bisa dilakukan dengan memijat perut bayi seperti menuliskan huruf I, L, dan Y di perut. Melakukan pijat ini secara teratur bisa membuat si kecil terhindari dari perut kembung lho Moms!

 

Tips Mengurangi Gejala Sakit Perut Anak 

Anak sakit perut pijat dimana saja sebenarnya tidak masalah, namun disarankan untuk memijat di area punggung, perut dan dada. Agar kondisi si kecil segera membaik, bisa ikuti tips perawatan sakit perut bagi anak berikut ini, ya!

 

  1. 1. Biarkan Anak Rebahan 

Ketika si kecil mengeluh sakit perut, sebaiknya biarkan si kecil tidur dan beristirahat. Buat tempat tidur yang nyaman untuknya, sehingga ia lebih rileks dan tidak rewel saat diobati atau dipijat. Moms juga bisa alihkan perhatiannya dengan membacakan buku cerita untuknya.

 

2. Berikan Minuman Hangat 

Si kecil yang mengalami sakit perut seringkali enggan untuk makan, sehingga nutrisi hariannya akan berkurang. Untuk itu, Moms disarankan memberikan minuman hangat untuk si kecil. Bisa campurkan dengan sedikit jahe dan madu untuk meringankan gejala sakit perut. 

 

3. Lakukan Kompres

Berikutnya adalah memberikan kompres yang hangat untuk anak. Letakkan di area perut yang nyeri untuk memberikan rasa nyaman. Pastikan menggunakan air suam-suam kuku ya Moms, jadi tak melukai dan membuat kulit si kecil kering. 

 

Baca juga: Obat Herbal untuk Anak Demam, Coba yang Alami Dulu!

 

Cara Memberikan Pijatan secara Optimal

Tak perlu panik lagi ketika si kecil sakit perut ya Moms, sudah tahu kan apa yang harus dilakukan ketika bayi sakit perut? Moms bisa melakukan pijatan dan tips yang telah disebutkan diatas. Selain untuk mengurangi rasa sakit, pijatan juga bisa menjadi aktivitas bonding untuk ibu dan anak. 

 

Ketika memijat, pastikan kondisi perut si kecil tak terlalu lapar atau kenyang. Hindari memijat di siang hari karena akan menganggu waktu tidurnya. Ada baiknya memijat bayi di malam hari agar tidurnya semakin nyenyak.

 

Jangan lupa, selama memijat si kecil Moms gunakan minyak telon Habbie, ya! Kandungan minyak telon yang dikombinasikan dengan aromatic oil, minyak lavender, argan, serta zaitun akan melembutkan, melembabkan, dan menghangatkan kulit bayi.

 

Dengan pijat anak sakit perut yang benar, Moms tak perlu khawatir lagi dengan si kecil yang rewel, ya. Tetap jaga kesehatann si kecil dan lingkungan di sekitarnya agar kondisi sakit serupa tak terulang lagi, Moms! 

Latest Articles

Cara Mengatasi Anak Picky Eater Agar Mau Makan

Cara Mengatasi Anak Picky Eater Agar Mau Makan

Moms bisa kok membuat si kecil yang dulunya picky eater, jadi lebih suka makan, terutama makanan yang sehat.
Cara Berdaya di Rumah untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Berdaya di Rumah untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tapi tetap berdaya memungkinkan untuk dilakukan kok! Ikuti panduan dan tipsnya berikut ini ya!
Tutorial Pijat Anak Sakit Perut, Jangan Sampai Salah Ya Moms!

Tutorial Pijat Anak Sakit Perut, Jangan Sampai Salah Ya Moms!

Anak sakit perut bisa terjadi kapan saja. Sebagai langkah alternatif, Moms bisa memijat perut si kecil dengan lembut.
Harga Minyak Telon Habbie All Varian, Cek Daftarnya Berikut Ini!

Harga Minyak Telon Habbie All Varian, Cek Daftarnya Berikut Ini!

Buat Moms yang penasaran dan ingin mencoba minyak telon Habbie, berikut harganya di marketplace dan toko official Habbie, ya!