Aroma segar untuk kamu coba minggu ini: Matcha Tea

Tips Sehat Saat Berpuasa, Jangan Sampai Keluarga Sakit Moms!

Wednesday, 27 March 2024
$oneArticle->title

Menjalankan ibadah puasa harus dibarengi dengan menjaga kesehatan. tubuh Karena minimnya konsumsi makanan dan minuman di siang hari, tubuh bisa kekurangan cairan dan nutrisi. Jika tak dijaga dengan baik kesehatannya,  tentu kita jadi malas beraktivitas dan mengerjakan tugas sehari-hari. 

 

Tips hidup sehat saat berpuasa tidak sulit kok Moms, coba ikuti panduan berikut ini ya! Jika dilakukan dengan benar, ibadah puasa bisa mencegah kenaikan berat badan, menghindarkan masalah kesehatan, sekaligus mendekatkan diri kepada Allah swt. 

 

Panduan Tetap Fit di Kala Puasa 

 

  1. 1. Pilih Makanan yang Bergizi 

Rasa lapar dan haus seharian dapat memicu seseorang untuk melahap apa saja saat berbuka puasa. Hal ini tentunya akan membuat kondisi kesehatan menurun, apalagi jika makanan yang dikonsumsi merupakan makanan olahan, tinggi lemak dan gula, atau makanan berpengawet. 

 

Jenis makanan ini tak hanya bisa membuat tubuh tetap kekurangan nutrisi, tapi juga membuat tubuh lebih cepat lapar dan haus. Moms bisa buat menu makanan yang lebih sehat untuk sahur dan berbuka, misalnya menyediakan sayuran dan buah segar dengan porsi kecil tapi sering. 

 

Baca juga: 9 Cara Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini 

 

2. Cukupi Kebutuhan Cairan 

Dehidrasi bisa terjadi saat berpuasa karena kebutuhan cairan yang tak terpenuhi. Ada cara mudah untuk tetap terhidrasi selama puasa kok Moms, caranya dengan menerapkan aturan 2 – 4 – 2 untuk konsumsi air. Moms bisa ajak anggota keluarga untuk melakukan aturan minum air ini juga ya!

 

Dalam aturan 2 – 4 – 2, waktu berbuka puasa disarankan minum 2 gelas, kemudian diikuti dengan 4 gelas air putih setelah makan malam. Selanjutnya, minum 2 gelas air saat sahur untuk mencukupi kebutuhan cairan di siang hari. Dengan cara ini, resiko dehidrasi pun bisa diminimalisir Moms!

 

3. Konsumsi Makanan dengan Tinggi Protein 

Selama berpuasa, defisit kalori akan terjadi, yang nantinya akan menyebabkan otot kehilangan lemak. Guna mencegah hal tersebut, Moms disarankan menyediakan menu makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Makanan jenis ini juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi rasa lapar berlebih. 

 

Ada banyak pilihan makanan tinggi protein tapi rendah lemak kok, misalnya sumber protein nabati dari kedelai di tempe dan tahu. Kalau ingin mengonsumsi protein hewani, bisa pilih dada ayam tanpa kulit dan tulang, kemudian masak dengan cara direbus atau dipanggang. 

 

4. Istirahat Saat Merasa Lelah 

Wajar kok merasa lelah dan capek saat berpuasa, apalagi di siang hari, rasa mengantuk bisa datang tiba-tiba yang akhirnya membuat produktivitas menurun. Kalau Moms merasakan hal tersebut, tak apa istirahat barang sejenak. Mengistirahatkan tubuh juga bisa jadi cara terbaik untuk tetap fit selama puasa. 

 

Baca juga: 10 Cara Pencegahan Demam Berdarah, Lakukan dari Sekarang Moms! 

 

Agar tak menganggu aktivitas harian atau pekerjaan, luangkan waktu istirahat antara 15 – 20 menit di siang hari. Isi kegiatan tersebut dengan bersantai, tidur siang, atau menjalankan ibadah shalat. Setelahnya bisa lakukan aktivitas kembali sampai menjelang waktu berbuka. 

 

5. Tetap Berolahraga 

Puasa bukan menjadi waktu untuk bermalas-malasan dalam berolahraga ya. Meski tak makan di siang hari, olahraga tetap bisa dilakukan secara rutin. Pilih jenis olahraga yang ringan, sehingga tubuh tak terlalu terforsir untuk mengeluarkan banyak energi. 

 

Kalau tak ingin melakukan olahraga di siang hari, bisa lakukan olahraga 60 menit menjelang waktu berbuka atau setelah sholat tarawahi. Waktu tersebut bisa jadi waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadhan karena tubuh bisa langsung mendapatkan asupan nutrisi kembali setelah berolahraga. 

 

6. Atur Pola Makan 

Jangan lapar mata dan banyak makan selama puasa. Mulailah dengan berbuka makan makanan yang bergizi, lakukan secara perlahan agar tubuh tak mengantuk setelah makan. Makanan yang disarankan untuk berbuka bisa berupa sup, kolak, kurma, atau buah-buahan. 

 

Jaga pola makan dengan membagi waktu makan menjadi tiga bagian, yakni saat berbuka puasa, setelah melakukan sholat tarawih dan saat sahur. Jangan sampai melewatkan sahur ya Moms, ajak seluruh anggota keluarga untuk menjalankan sunnah ini. Karena melewat sahur rentan membuat seseorang mengalami dehidrasi, mudah lelah, serta masalah pencernaan. 

 

Baca juga: Rekomendasi Aktivitas Bermain Bersama Buah Hati Saat Ramadhan 

 

7. Jaga Kualitas Tidur

Selain pola makan, pola tidur juga ikut berubah saat puasa. Oleh sebab itu, perlu atur waktu yang baik untuk memastikan kualitas tidur terjaga dengan baik. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah bangun pada jam yang sama agar siklus sirkadian tubuh juga ikut berubah. 

 

Moms bisa ajak buah hati dan Dads untuk tidur lebih awal, sekitar jam 9 atau 10 malam setiap harinya. Kemudian bangunkan pukul 3 atau setengah 4 pagi untuk menjalankan ibadah sahur. Sembari menunggu pagi, Moms bisa ajak si kecil untuk membersihkan rumah atau melakukan bonding keluarga. 

 

8. Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Bagi orang dewasa yang sudah terbiasa melakukan puasa, menjalankan aktivitas sehari-hari bukanlah hal yang sulit. Tapi berbeda untuk anak-anak, mereka perlu hiburan untuk mengalihkan rasa lapar dan haus selama berpuasa. Moms bisa ajak si kecil membaca buku, jalan-jalan atau menyiapkan menu buka puasa. 

 

Moms juga bisa kok lakukan aktivitas bonding bersama keluarga di akhir pekan. Agar lebih rileks, Moms bisa gunakan Cajuput Habbie atau Telon Habbie. Dengan kandungan aromatic oil yang ada di dalamnya, Moms bisa memanfaatkannya sebagai isian difusser, sehingga ruangan jadi lebih harum. 

 

Cajuput Habbie dan Telon Habbie juga bisa digunakan langsung, baik untuk si kecil maupun keluarga. Kandungan 100% bahan alami yang ada di dalamnya bisa memberikan kehangatan sekaligus rasa harum seperti parfum. Moms pun tak perlu khawatir buah hati digigit nyamuk karena kandungan minyak kayu putih dan ekstrak lavender. 

 

Nah, ternyata untuk menjaga tubuh tetap sehat di bulan Ramadhan tak sulit kan Moms! Jangan lupa lakukan tips diatas ya agar keluarga tak sakit saat berpuasa ya! 


 

Latest Articles

Tips Memilih Minyak Telon untuk Baby Newborn

Tips Memilih Minyak Telon untuk Baby Newborn

Guna menghindari si kecil mengalami hal yang tak diinginkan saat menggunakan minyak telon, simak tips dan cara memilih minyak telon berikut ini yuk Moms!
Rekomendasi Wangi Telon Habbie Bulan Maret untuk Kesayangan

Rekomendasi Wangi Telon Habbie Bulan Maret untuk Kesayangan

Bingung ingin pakai Telon Habbie aroma apa untuk buah hati di bulan ini? Tak perlu khawatir, Moms bisa coba pilihan rekomendasi varian wangi Telon Habbie terbaik berikut ini!
Habbie Gelar Buka Bersama, Ajang Saling Memaafkan dan Silaturrahmi

Habbie Gelar Buka Bersama, Ajang Saling Memaafkan dan Silaturrahmi

Habbie menggelar buka bersama dengan karyawan pada 22 Maret 2024. Ajang buka bersama dengan tema “Memaafkan yang Dulu, Sambut yang Baru” ini menjadi ajang temu dan silaturahmi antar karyawan Habbie.
Sambut Ramadhan, Habbie Tarhib Bersama Nurul Hayat di Sleman

Sambut Ramadhan, Habbie Tarhib Bersama Nurul Hayat di Sleman

Habbie melangsungkan Tarhib Ramadhan pada 9 Maret 2024 lalu. Berlangsung di Sendangtirto, Sleman, Yogyakarta. Habbie membagikan 6 paket sembako kepada lansia dan janda yang tersebar di beberapa dusun.